tidak ada pengumuman lewat komunikasi personal
Bandung (ANTARA) - Universitas Padjadjaran (Unpad) menyatakan menerima sebanyak 2.382 mahasiswa baru yang lolos melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) berdasarkan hasil pengumuman yang keluar, Senin.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof Arief S Kartasasmita mengatakan pada tahun ini jumlah pendaftar ke Unpad melalui jalur SBMPTN sebesar 52.593 orang.

“Tingkat keketatan masuk Unpad melalui SBMPTN adalah 1 banding 22, artinya 1 orang menghadapi 22 orang,” kata Arief dalam keterangannya di Bandung, Jawa Barat, Senin.

Arief mengimbau calon mahasiswa baru yang dinyatakan lolos SBMPTN Unpad tahun akademik 2021-2022 untuk segera melakukan registrasi dan mengunggah dokumen secara daring.

Menurutnya masa pengisian biodata dan unggah dokumen dibuka mulai 16 Juni hingga 23 Juni di laman students.unpad.ac.id/peserta/. Selanjutnya,  Unpad akan melakukan verifikasi pada data dan dokumen yang diunggah calon mahasiswa mulai 17 – 26 Juni 2021.

Calon mahasiswa juga bisa mengetahui jumlah tagihan uang kuliah di laman Students Unpad. Pembayaran uang kuliah dilakukan melalui perbankan mitra mulai 17 – 27 Juni 2021.

Setelah pembayaran diterima, menurutnya Unpad akan menerbitkan Surat Tanda Bukti Resmi Menjadi Mahasiswa beserta Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) digital ke setiap mahasiswa baru paling lambat 30 Juni 2021.

Baca juga: Nilai UTBK bisa digunakan untuk seleksi mandiri
​​​​​​
Baca juga: 3.497 calon mahasiswa lolos SBMPTN masuk Universitas Jambi


Arief menegaskan seluruh pengumuman SBMPTN dilakukan secara daring di laman pengumuman mirror sbmptn.unpad.ac.id.

“Tidak ada pengumuman lewat komunikasi personal, baik berupa SMS maupun telepon,” kata Arief.

Adapun proses registrasi meliputi pengisian biodata juga dilakukan secara daring di sistem Unpad. Lalu menurutnya pembayaran juga dilakukan pada bank yang ditunjuk sebagai perbankan mitra Unpad, sehingga tidak ada pembayaran uang kuliah melalui personal ataupun pihak ketiga.

Dengan demikian, Arief mengatakan bagi yang tidak lulus SBMPTN masih memiliki kesempatan untuk mendaftar ke Unpad melalui Jalur Mandiri. Pendaftaran program Sarjana Jalur Mandiri Unpad dibuka hingga Kamis (17/6) mendatang.

Baca juga: ITB terima 1.581 calon mahasiswa baru via SBMPTN 2021
Baca juga: Peserta KIP Kuliah yang lolos SBMPTN harus tunggu verifikasi
Baca juga: 63 siswa difabel lolos SBMPTN 2021

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021