Jakarta (ANTARA) - PT Honda Prospect Motor (HPM) kehilangan pasar sekitar 16 persen di bulan Mei yang hanya berhasil menjual kendaraan sebanyak 8.538, dibandingkan bulan sebelumnya yang mencatat penjualan sebanyak 10.189 unit.

Meski penjualan yang terbilang turun 16 persen, HPM menyebut adanya hari kerja yang lebih sedikit karena libur Lebaran dan angka penjualan tersebut masih sesuai dengan target yang ditetapkan Honda untuk bulan Mei lalu.

Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengungkapkan bahwa dirinya sangat optimis tren penjualan positif akan berlanjut pada bulan-bulan mendatang, terutama didukung oleh penyegaran pasar melalui produk-produk baru dan dukungan pemerintah melalui program relaksasi pajak yang disambut sangat baik oleh konsumen.

"Kami percaya bahwa pemerintah selalu memantau kondisi aktual pasar untuk dapat terus merancang kebijakan yang tepat untuk mendorong pertumbuhan pasar otomotif dan ekonomi secara umum," kata Yusak Billy dalam keterangan resminya, Senin.

Dalam hal ini, Honda Brio masih menjadi tulang punggung HPM dalam hal penjualan Mei sebanyak 63 persen dari total keseluruhan penjualan HPM. Honda Brio Satya menjadi yang tertinggi dengan penjualan sebanyak 3.813 unit dan menguasai pangsa pasar segmen LCGC sebesar 27 persen, sementara Honda Brio RS terjual sebanyak 1.565 unit dan memimpin pangsa pasar segmen City Car sebesar 63persen.

Kontribuso lainnya juga datang dari Honda City Hatchback yang terjual sebanyak 892 unit, Honda HR-V 1.5L yang terjual sebanyak 815 unit, New Honda CR-V yang terjual sebanyak 680 unit, Honda Mobilio yang terjual sebanyak 335 unit dan Honda BR-V yang terjual sebanyak 264 unit.

Sementara produk-produk Honda lainnya seperti Honda HR-V 1,8L terjual sebesar 69 unit, Honda Civic Sedan terjual sebanyak 38 unit, Honda Civic Hatchback RS yang terjual sebanyak 28 unit, Honda Accord terjual 22 unit, Honda Odyssey terjual 14 unit, Honda Civic Type R terjual sebanyak 2 unit dan Honda City terjual sebanyak 1 unit.

"Saat ini, kami terus berusaha memaksimalkan tingkat produksi sesuai aturan dan protokol kesehatan yang berlaku serta ketersediaan komponen untuk dapat memenuhi pemesanan secepat mungkin. Kami juga terus berusaha mempertahankan tingkat permintaan konsumen dengan menawarkan berbagai program penjualan yang menarik," kata dia.

Untuk menignkatkan minat beli masyarakat, HOM kembali melanjutkan program THR Lanjutan hingga akhir Juli 2021, bagi mereka yang akan membeli Honda Brio, Honda Mobilio, Honda BR-V, dan Honda CR-V.

Baca juga: Penjualan Nissan Ariya tertunda karena COVID-19 dan kekurangan chip

Baca juga: DFSK berharap insentif dari pemerintah Indonesia

Baca juga: OLX Autos sebut penjualan mobil bekas periode Lebaran didominasi MPV
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021