berupaya menjadikan Dusun Tuni sebagai wisata musik
Ambon (ANTARA) -  Direktur Ambon Music Office (AMO) Ronny Loppies menyatakan, Program Sound of green (SOG) di Dusun Tuni Kota Ambon masuk nominasi ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021 kategori atraksi budaya.

Ronny Loppies menyatakan, program SoG yang diunggulkan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon masuk dalam nominasi API tahun 2021 yang diselenggarakan Komunitas Ayo Jalan- jalan.

"Dari ribuan usulan nominasi, program SoG masuk dalam nominasi kategori atraksi budaya," katanya di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, setelah ditetapkan sebagai nominasi pihaknya akan memenuhi dan melengkapi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan panitia.

Baca juga: Seba Badui raih pariwisata terfavorit ajang Anugerah Pesona Indonesia
Baca juga: Pariwisata Wakatobi masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020


Menurut dia, proses panjang masih berjalan untuk pencapaian terbaik melalui voting pesan singkat terhadap program yang masuk dalam nominasi.

"Kita akan siapkan video yang menggambarkan program SoG di Dusun Tuni, untuk disiarkan di chanel ayo jalan- jalan guna proses voting," katanya.

Dijelaskannya, program SoG memadukan unsur musik dan kelestarian lingkungan, dalam mendukung upaya pengembangan pariwisata Kota Ambon menuju pariwisata musik pada kota musik dunia.

"Kita mencoba mengembangkan konsep yang diberi tematik sound of green yang memadukan unsur musik dan kelestarian lingkungan," katanya.

Masyarakat Dusun Tuni memiliki kelompok musik tradisi yang dikenal sebagai Mollucca Bamboowind Orchestra (MBO) yang memiliki jumlah personil sebanyak kurang lebih 100 orang dari berbagai profesi dan tingkatan umur

"Kita berupaya menjadikan Dusun Tuni sebagai wisata musik, karena banyak kegiatan musik telah dilaksanakan di tingkat nasional hingga Internasional," tandasnya.

Baca juga: Suphan Buri di Thailand Tengah belajar dari Ambon jadi kota musik
Baca juga: Kurikulum muatan lokal musik di Ambon diterapkan 2021, sebut AMO

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021