Rupiah ditutup melemah jelang pengumuman hasil rapat The Fed

id Rupiah,Dolar,Kurs,aa

Rupiah ditutup melemah jelang pengumuman hasil rapat The Fed

Ilustrasi - Teller menunjukkan uang rupiah yang ditransaksikan di kantor pusat BNI, Jakarta. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/kye.

Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu sore ditutup melemah jelang pengumuman hasi rapat The Federal Reserve.

Rupiah ditutup melemah 13 poin atau 0,09 persen ke posisi Rp14.238 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.225 per dolar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Rabu, mengatakan, investor masih waspada meski kebijakan suku bunga The Fed pada Kamis (17/6) dini hari nanti diprediksi tidak akan berubah dan bank sentral akan tetap melanjutkan pembelian obligasi.

"Latar belakang inflasi yang meningkat tajam karena ekonomi negara itu membuat pemulihan yang solid, tampaknya membuat pasar tetap waspada," kata

Menjelang pengumuman The Fed, akan dirilis data ijin membangun dan jumlah bangunan rumah baru. Jika kedua data tersebut diirilis lebih buruk dari estimasi, berpotensi memicu pelemahan dolar AS

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dolar terhadap mata uang utama lainnya saat ini masih berada di level 90-an tepatnya di posisi 90,521.

Sedangkan imbal hasil obligasi AS tenor 10 tahun saat ini berada di level 1,492 persen, turun dibandingkan posisi penutupan sebelumnya 1,499 persen.

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah ke posisi Rp14.235 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp14.235 per dolar AS hingga Rp14.263 per dolar AS.

Sementara itu, kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Rabu melemah ke posisi Rp14.257 dibandingkan posisi pada hari sebelumnya Rp14.244 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah terkoreksi seiring pasar waspadai pengetatan kebijakan The Fed

Baca juga: Rupiah Rabu pagi melemah 15 poin

 

Pewarta : Citro Atmoko
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar