Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran memerintahkan seluruh kapolsek memperketat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro di lingkungan Rukun Tetangga berkategori zona oranye.

Fadil mengatakan kapolsek perlu melakukan intervensi dengan cara mengimbau warga supaya tetap di rumah saja selama libur akhir pekan, jika tidak ada keperluan yang mendesak.

"Saya sudah bilang pada semua Kapolsek, jangan sampai tunggu zona merah baru melakukan pengetatan. Jadi mulai dari kemarin, zona oranye itu sudah dilakukan intervensi untuk melakukan pembatasan kegiatan masyarakat," ujar Fadil saat ditemui wartawan usai mengecek PPKM Mikro di Kampung Tangguh Jaya RW 08 Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu.

Dalam kesempatan itu, Fadil mencontohkan bagaimana kiat-kiat melakukan optimalisasi dan intervensi di basis komunitas seperti lingkungan RT dan RW.

Didampingi Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol. Guruh Arif Darmawan, Fadil mengarahkan anggotanya yang hadir di Kampung Tangguh Jaya RW 08.

"Seperti ini, kita jaga dengan keliling-keliling, kita berikan imbauan supaya di rumah saja. Kalau ada yang berkumpul kita bubarkan," ujar Fadil kepada jajarannya.

Selain itu, anggota juga diarahkan bagaimana menginformasikan kepada warga bahwa di wilayahnya ada yang positif COVID-19, bagaimana melakukan pelacakan (tracing) dan penanganan (treatment) terhadap warga yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien COVID-19.

Hal itu dilakukan sembari program Kampung Tangguh Jaya terus melaksanakan kegiatan vaksinasi COVID-19 di lingkungan RW 08 Pegangsaan Dua tersebut.

Fadil berharap kunjungan tersebut mampu mengoptimalkan tiga hal, yaitu optimalisasi PPKM Mikro, optimalisasi operasi yustisi, dan program vaksinasi.

"Mudah-mudahan kombinasi antara PPKM Mikro dengan yustisi dan vaksinasi ini bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19," ucap mantan Kapolda Jawa Timur itu.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya: Ancol tetapkan skema buka-tutup selama PPKM Mikro
Baca juga: Kapolda Metro: optimalkan operasi PPKM tekan kasus COVID-19
Baca juga: Kunjungi Posko PPKM Sumur Batu, Wakapolda beri bantuan masker-sembako

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021