Mahasiswa IPB sabet juara 3 kompetisi Business Plan Competition

id IPB University,Business Plan Competition,mahasiswa

Mahasiswa IPB sabet juara 3 kompetisi Business Plan Competition

Tangkapan layar penghagrgaan mahasiswa IPB University Rio Kevin yang meraih gelar juara ketiga dalam kompetisi Management Days Business Plan Competition 2021. (FOTO ANTARA/HO-IPB University)

Jakarta (ANTARA) - Mahasiswa IPB University Rio Kevin meraih gelar juara ketiga (3) dalam kompetisi "Management Days Business Plan Competition" 2021 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Akuntansi Syariah beberapa waktu lalu.

Dalam kompetisi, mahasiswa Sekolah Bisnis IPB University ini mengajukan ide bisnis purwarupa Re-sell. Re-sell merupakan lokapasar bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berbasis pada konsep digital business ecosystem.

"Untuk mengetahui faktor internal dan eksternal, kami analisis dengan metode Strength, Weaknesses, Opportunities dan Threats (SWOT)," kata Rio dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Alasan Rio mengajukan ide tersebut karena melihat jumlah pengusaha di Indonesia masih sedikit. Selain itu, banyak pelaku UKM yang hanya bergerak di tempat karena kurang mengetahui cara pengembangan usahanya.

Maka dari itu, Re-sell dibentuk untuk menaikkan potensi nilai UMKM. Re-sell diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan perekonomian Indonesia, sesuai dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor delapan.

Untuk meraih juara, ia harus melewati beberapa tahapan lomba. Di tahap awal Rio harus menyerahkan Business Model Canvas, tahap semi final berupa seleksi proposal dan tahap final berupa presentasi.

"Persiapan lomba dimulai sejak September 2020. Saya dengan tim mahasiswa lain dari IPB University sebelumnya telah mengikuti kompetisi serupa dan workshop. Workshop tersebut membantu saya berdiskusi ide bisnis yang relevan serta adaptif," katanya.

Ia juga selalu berdiskusi dengan dosen di IPB University sekaligus mentornya agar konsep yang diajukan bisa matang.

"Bersama dosen IPB University atau mentor, beberapa kali saya diberi masukan mengenai ide bisnis dan sering latihan presentasi. Perspektif dan tanggapan dari dosen tersebut yang membuat persiapan saya lebih matang," demikian Rio Kevin.

Baca juga: IPB University turunkan 3.513 mahasiswa ikuti KKNT 2021

Baca juga: Tim mahasiswa IPB University jadi juara pertama Brightcube 2021

Baca juga: IPB University dorong mahasiswanya jadi petani milenial

Baca juga: Mahasiswa IPB ciptakan alat pendeteksi kualitas minyak goreng portable

 

Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar