Polda Sumbar miliki kapal pemburu perkuat pengawasan perairan

id Polda Sumbar, Ditpolairud, sumbar

Polda Sumbar miliki kapal pemburu perkuat pengawasan perairan

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto meresmikan kapal baru. ANTARA /HO-Polda Sumbar.

Padang, (ANTARA) - Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolair) Polda Sumbar memiliki satu unit kapal baru yang didapatkan dari Polairud Mabes Polri untuk memperkuat pengawasan wilayah hukum perairan di daerah itu

Direktur Polairud Polda Sumbar Kombes Pol Sahat M. Hasibuan di Padang, Rabu mengatakan kapal tersebut merupakan kapal cepat jenis pemburu yang diberi nama KM Mandeh III 2006.

Ia menjelaskan kapal tersebut digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengamanan laut di wilayah Sumbar.

Menurut dia spesifikasi teknisnya lebih unggul dari kapal-kapal yang ada dimiliki Ditpolairud Polda Sumbar sebelumnya, dimana mesinnya memiliki 4 x 300 HP tenaga kuda.

Ia mengatakan dengan kehadiran kapal cepat ini akan semakin membantu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat kepada masyarakat di wilayah perairan Provinsi Sumatera Barat.

"Menciptakan wilayah laut yang kondusif dan aman, guna mengantisipasi dari ancaman dan gangguan kamtibmas di perairan Sumbar," kata dia.

Hal ini disebabkan kecepatan dari kapal baru tersebut yang dapat dengan mudah mencapai sasaran yang dituju saat melakukan kegiatan kepolisian.

"Yang terpenting, keberadaan kapal tersebut dapat untuk mengantisipasi terjadinya kemungkinan kejahatan di laut," kata dia.

Peresmian kapal baru ini dilakukan oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto pada Selasa (22/6) yang ditandai pemecahan kendi yang disaksikan pejabat utama dan kapolres jajaran Polda Sumbar.

 

Pewarta : Mario Sofia Nasution
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar