Rektor UKM Malaysia terima Doktor Honoris Causa dari UMI Makassar

id Rektor UKM Malaysia doktor couza umi

Rektor UKM Malaysia terima Doktor Honoris Causa dari UMI Makassar

Rektor UMI Prof Dr Basri Modding memberikan sambutan pada Milad UMI ke-67 yang digelar virtual dan luring terbatas di Makassar, Rabu,(23/6/2021).ANTARA/Abd Kadir

Makassar (ANTARA) - Universitas Muslim Indonesia Makassar menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa kepada Rektor Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) Prof Dato Ts Dr Mohd Ekhwan Hj Toriman pada peringatan Milad UMI secara virtual.

Rektor UMI Makassar Prof Dr Basri Modding dalam acara yang dipantau dari Makassar, Rabu, mengatakan Prof Dato Ekhwan merupakan pimpinan perguruan tinggi yang memiliki reputasi dan karya ilmiah high indeks, patut menjadi contoh dan motivasi insan akademik.

Baca juga: Universitas Muslim Indonesia gelar haul pertama sejak 67 tahun berdiri

Selain itu, potensi besar dalam pengembangan kerja sama UKM dan UMI dalam mewujudkan universitas kelas dunia.

"Penganugerahan Doktor Honoris Causa yang dilaksanakan UMI sangat selektif dan bukan tanpa alasan. Proses ini melalui kajian akademik secara mendalam dan dirapatkan dalam senat universitas," ujarnya.

Doktor Honoris Causa merupakan suatu gelar kehormatan yang diberikan oleh perguruan tinggi kepada perseorangan dengan jasa yang luar biasa dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau berjasa dalam bidang kemanusiaan.

Baca juga: Gubernur: Sulsel butuhkan UMI Makassar kawal pembangunan

Ia menjelaskan penganugerahan Doktor Honoris Causa UMI ini merupakan yang ketiga kalinya dalam beberapa tahun terakhir.

Pertama, tahun 2018 diberikan kepada Dr (HC) HM Yusuf Kalla saat itu menjabat sebagai Wapres RI. Keputusan pemberian gelar Doktor Honoris Causa kepada JK tidak lahir begitu saja.

HM Jusuf Kalla, merupakan sosok ekonom dan politikus yang tidak hanya berteori namun juga terlibat langsung dalam upaya meningkatkan kesejahteraan kemasyarakatan dalam penguatan rasa kebangsaan dalam bingkai NKRI.

Baca juga: Mulai 2021/2022, UMI Makassar buka kelas internasional

Berbagai terobosan dan kebijakan beliau mendapat pengakuan baik dalam maupun luar negeri.

Kedua, Tahun 2020, kepada Prof Dr (HC) KH Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden RI. Penganugerahan Doktor Honoris Causa sebagai bentuk penghargaan sebagai sosok yang menjadi bagian dari proses pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

"Dan tahun ini , kami kembali menganugerahkan Doktor Honoris Causa kepada Prof Dato Ts Dr Mohd Ekhwan Hj Toriman," jelasnya.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin terima gelar Doktor Kehormatan dari UMI Makassar

Pewarta : Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar