Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah daerah di Indonesia mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Dari data di laman resmi BMKG yang dihimpun ANTARA di Jakarta, Kamis, daerah-daerah yang berpotensi mengalami cuaca tersebut yakni Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat.

Kemudian, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara.

Sementara, daerah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Riau, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan Maluku Utara.

Selain itu, BMKG memberikan peringatan untuk mewaspadai gelombang sangat tinggi 4-6 meter di Samudra Hindia Selatan Jawa.

Gelombang tinggi 2,5-4 meter berpotensi terjadi di Perairan Barat Kepulauan Nias hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Pulau Enggano-Bengkulu, Perairan Barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatra, Selat Sunda Bagian Barat Dan Selatan, Perairan Selatan Pulau Jawa hingga Pulau Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas Bagian Selatan, dan Samudra Hindia Selatan Bali hingga Nusa Tenggara Timur.

BMKG mengimbau untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, yakni pada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal Ferry, dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar.

Warga yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, diminta un
tuk selalu waspada.


Baca juga: BMKG: Sebagian wilayah Indonesia berpotensi hujan sedang hingga lebat

Baca juga: Waspada potensi hujan lebat dan angin kencang di sejumlah provinsi

Baca juga: Hujan lebat diprakirakan terjadi di beberapa wilayah Indonesia

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021