Jakarta (ANTARA) - Anak perusahaan Astra, PT Federal International Finance (FIFGROUP) melakukan penanaman 4.500 pohon di 55 titik se-Indonesia dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day).

"FIFGROUP senantiasa melaksanakan pilar penghijauan yang diwujudkan dalam komitmen pengelolaan lingkungan serta program-program perbaikan lingkungan lainnya," ujar Human Capital (HC), General Support (GS), & Corporate Communication Director FIFGROUP Esther Sri Harjati dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin.

Penyebab perubahan iklim ini tidak hanya karena bencana alam saja, tetapi juga akibat yang dilakukan oleh manusia itu sendiri.

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di Indonesia setidaknya 1.649.258 hektar hutan habis terbakar pada tahun 2019, seluas 296.757 hektar pada tahun 2020, dan hingga akhir Mei tahun 2021 ini, sekitar 29 ribu hektar hutan terbakar.

Besarnya kebakaran hutan ini diperparah oleh pembakaran hutan untuk pembebasan lahan serta perluasan area pembangunan, belum lagi penebangan pohon illegal, tentu akan lebih banyak lagi pohon yang hilang di bumi ini, tak terkecuali Indonesia.

“Hilangnya banyak pohon akibat bencana alam dan ulah manusia, menimbulkan bencana yang lain, seperti kekeringan, banjir, dan juga longsor. Sesuai dengan tujuan 13 pada Sustainable Development Goals (SDGs) tentang perubahan iklim. Kita harus mengambil aksi segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya yang tadi telah disebutkan, seperti kekeringan, banjir serta longsor," kata Esther.

Perlu diketahui, pohon atau tanaman endemik adalah pohon atau tanaman yang keberadaannya unik di suatu wilayah dan tidak ditemukan di wilayah lain secara alami.

Chief of Corporate Communication & Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP Yulian Warman mengatakan, kegiatan bertajuk “Hijaukan Bumi dan Lingkungan bersama FIFGROUP” menjadi peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day).

“Pemilihan bibit pohon endemik juga bertujuan agar keberlangsungan ekosistem pohon endemik terus terjaga. Program ini telah dipersiapkan dengan konsultasi dengan dinas terkait di 55 titik penanaman,” kata Yulian.

Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) yang jatuh setiap tanggal 5 Juni, FIFGROUP mengadakan Kick Off Hijaukan Bumi dan Lingkungan “Penanaman Pohon Endemik FIFGROUP 2021” sekaligus pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk penanaman pohon endemik (pohon ketapang dengan nama latin Terminalia catappa) secara serentak di 55 titik se-Indonesia.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021