Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini akan potensi kebakaran lahan di sebagian daerah, angin kencang, hingga hujan sedang sampai lebat pada Selasa.

Adapun di Provinsi Aceh, masyarakat diharap waspada dengan potensi kebakaran hutan di wilayah Pidie, Pidie Jaya, Aceh Timur, Bener Meriah dan sekitarnya.

Sementara potensi hujan sedang hingga lebat terdapat di Provinsi Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Gorontalo,Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur.

Seluruh wilayah Pulau Kalimantan yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Kemudian Provinsi Lampung, Maluku, Papua Barat, Riau,Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara dan Sumatera Selatan juga berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Selain itu, waspadai potensi angin kencang di wilayah Pulau Timor, Pulau Rote, Pulau Sabu dan Pulau Sumba, serta waspadai potensi kebakaran lahan di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: Gempa magnitudo 5,3 di Yogyakarta bukan "megathrust", kata BMKG

Baca juga: Waspada potensi hujan lebat dan angin kencang di sejumlah provinsi

Baca juga: BMKG prakirakan sejumlah daerah alami hujan lebat

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021