Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping bakal menghadiri perayaan peringatan 100 tahun berdirinya Partai Komunis China (CPC) di Lapangan Tian'anmen, Beijing, Kamis (1/7).

Xi yang juga Sekretaris Jenderal CPC sekaligus Ketua Komisi Militer Pusat dijadwalkan memberikan sambutan penting pada acara yang digelar mulai pukul 08.00 waktu setempat (07.00 WIB) itu.

Dalam sepekan terakhir pengamanan di Ibu Kota China tersebut diperketat, beberapa petugas keamanan disiagakan di pusat-pusat keramaian, kantor pemerintahan, dan kawasan diplomatik. Demikian halnya dengan patroli udara yang hampir setiap sore digelar.

Lapangan Tian'anmen dan Kota Terlarang ditutup untuk umum sejak Sabtu (26/2) hingga Jumat (2/7).

Sementara itu, beberapa media asing yang memiliki perwakilan di Beijing, termasuk ANTARA, menjalani karantina pencegahan COVID-19 di salah satu hotel di kawasan Liangmaqio mulai Rabu (30/6) sebelum meliput perayaan tersebut.

Baca juga: Seribu anggota baru Partai Komunis China dilantik di Beijing


Pada siang harinya mereka diwajibkan menjalani tes usap secara mandiri di beberapa rumah sakit.

Prosedur ini sama dengan yang diterapkan kepada media asing yang hendak meliput Sidang Umum Dua Sesi Parlemen China di Balai Agung Rakyat Beijing pada awal Maret lalu yang juga dihadiri oleh Presiden Xi.

Beberapa stasiun kereta metro di Beijing ditutup selama perayaan satu abad partai berkuasa di China itu. Beberapa kereta metro bawah tanah pada jam-jam tertentu tidak berhenti di stasiun yang ditutup tersebut, di antaranya Tian'anmenxi, Tian'anmendong, Hepingmen, Chongwenmen, Qianmen, Xidan, dan Dongdan.

Stasiun-stasiun tersebut berada di sekitar ring 1 atau nol kilometer Kota Beijing.


Baca juga: Prabowo tandatangani kerja sama pertahanan RI dan Prancis

Baca juga: Menlu Retno melobi India agar longgarkan izin ekspor obat ke Indonesia

 

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021