Vaksinasi COVID-19 di Jakarta ditargetkan capai 200 ribu perhari

id Vaksin COVID-19, vaksinasi anak di Jakarta, vaksin COVID-19 Jakarta,Dinkes DKI Jakarta

Vaksinasi COVID-19 di Jakarta ditargetkan capai 200 ribu perhari

Polres Metro Jakarta Selatan mengadakan vaksinasi dengan layanan tanpa turun atau "drive thru" bagi pengendara kendaraan bermotor di Jakarta Selatan, Senin (28/6/2021). (ANTARA/HO-Polres Metro Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengungkapkan vaksinasi COVID-19 di DKI Jakarta akan dipercepat pemberiannya kepada masyarakat sehingga bisa mencapai target pemberian suntikan sebanyak 200 ribu dosis dalam kurun waktu satu hari.

“Makin cepat (didistribusikan) makin bagus, karena akan semakin cepat tercipta kekebalan komunitasnya. Dari target harian yang awalnya 100 ribu perhari, kami ditantang oleh Kementerian Kesehatan untuk bisa mencapai 200 ribu (suntikan) perhari,” kata Wildyastuti di Jakarta, Kamis.

Salah satu upaya untuk mempercepat pemberian vaksinasi kepada masyarakat itu dilakukan dengan inisiatif pemberian vaksin COVID-19 pada anak berusia 12-17 tahun yang rata- rata berada di bangku Sekolah Dasar (SD) akhir, Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Baca juga: Alasan anak usia di bawah 12 tahun belum bisa divaksin COVID-19

Baca juga: Mau vaksinasi COVID-19 anak? Simak rekomendasi IDAI berikut ini


Widyastuti mengungkapkan DKI Jakarta ditargetkan pada Agustus 2021 sudah dapat memberikan vaksin dalam jumlah 7,5 juta penduduknya.

Untuk itu pemberian vaksin kepada masyarakat umum semakin digencarkan setelah pemberian vaksinasi sudah dilakukan pada para tenaga kesehatan, pekerja di sektor esensial dengan resiko tinggi, Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota Polisi dan TNI, warga lanjut usia, hingga masyarakat penyandang disabilitas.

“Kami, makanya, lagi cari strategi lainnya agar semakin cepat terdistribusi (vaksinnya), sehingga capaiannya semakin bagus,” kata Widyastuti.

DKI Jakarta sudah memulai pemberian vaksinasi COVID-19 kepada anak- anak yang berusia 12-17 tahun mulai hari ini Rabu (1/7).

Pemberian vaksinasi itu dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 20 Jakarta Pusat dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang. Sebanyak 100 orang anak- anak itu menerima vaksin Sinovac yang saat ini tengah didistribusikan di wilayah DKI Jakarta.

Nantinya, pemberian vaksinasi kepada anak- anak akan diberikan di sekolah-sekolah maka dari itu terkait kebutuhan data Dinas DKI Jakarta bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Diskominfotik, serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta.

Baca juga: DKI Jakarta targetkan vaksinasi 1,3 juta anak usia 12-17 tahun

Baca juga: Vaksinasi anak di Jakarta dimulai hari ini di SMAN 20

Baca juga: Kuba mulai uji coba vaksin COVID pada anak


#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3m
#vaksinmelindungikitasemua

Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar