Mamuju (ANTARA News) - Sebanyak 330 Jemaah Haji Kelompok Terbang (Kloter) 35 asal Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), tiba di Mamuju melalui Bandara Tampa Padang, sekitar 30 kilometer dari Kota Mamuju.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Tahun 2009, Syamsul, di Mamuju, Jumat, mengatakan, kedatangan seluruh Jemaah Haji tersebut dibagi menjadi tiga tahap, di mana pada setiap tahap, sebanyak 110 Jemaah Haji tiba dengan menggunakan pesawat Express Air.

"Penetapan jumlah Jemaah Haji tersebut disesuiakan dengan jumlah kapasitas dari pesawat tersebut," tuturnya.

Ia mengatakan, meskipun sempat mengalami keterlambatan, proses pemulangan Jemaah Haji bisa berjalan dengan lancar.

"Dengan tibanya Jemaah Haji Kloter 35 ini, merupakan suatu tahapan sukses yang diraih oleh panitia dan juga Pemerintah, mengingat untuk pertama kalinya pemberangkatan dan pemulangan Jemaah Haji di Kabupaten Mamuju dilakukan dengan menggunakan pesawat," jelasnya.

Suasana haru pun langsung nampak saat pesawat Express Air mendarat di Bandara Tampa Padang. Jemaah Haji yang tiba di Bandara Tampa Padang tersebut langsung disambut isak tangis haru dari sanak keluarga dan kerabat yang datang menjemput.

Salah seorang kerabat keluarga, Syamsul Nur, mengaku sangat gembira saat melihat orangtuanya turun dari tangga pesawat. "Saya tidak kuasa menahan tangis kebahagiaan, karena orang tua sudah bisa menginjakkan kaki di Tanah Suci dan telah menunaikan ibadah Haji," imbuhnya.

Ia pun berterima kasih kepada pemerintah setempat dan juga panitia penyelenggara ibadah Haji yang telah berkontribusi besar dalam pelaksanaan ibadah Haji tahun ini. (*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010