Mekkah (ANTARA News) - Naib atau Wakil Amirul Haj KH Hasyim Muzadi akan bertindak sebagai imam pada Sholat Jenazah bil Ghoib yang digelar oleh Misi Haji Indonesia di padang Arofah mendatang.

Sholat Jenazah bil Ghoib ini diperuntukkan bagi para korban berbagai bencana alam yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini, kata Menteri Agama Suryadharma Ali pada acara Ta`aruf Petugas Haji 1431 H di Distrik Jabal Nur Makkah, Jum`at malam waktu Arab Saudi.

Dalam ceramahnya, Menag juga menyampaikan salam dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada para petugas dan seluruh jamaah haji Indonesia.

Sementara itu, KH Hasyim Muzadi memimpin doa ta`aruf dengan diamini oleh seluruh petugas haji Indonesia, baik petugas kloter maupun nonkloter. Hasyim mendoakan agar penyelenggaraan haji tahun ini berjalan lancar tanpa rintangan yang berarti.

"Semoga pelaksanaan haji tahun ini dapat berjalan lancar dan petugas mendapatkan ma`unah (pertolongan) dari Allah SWT," tutur Hasyim yang diamini oleh seluruh petugas secara serempak.

Selain itu, Hasyim yang juga Sekretaris Jenderal International Conference of Islamic Scolars (ICIS) ini, mendoakan agar berbagai bencana yang melanda Tanah Air Indonesia akhir-akhir ini, segera diangkat oleh Allah SWT.

Dalam doanya, Hasyim meminta kepada Allah agar bangsa Indonesia diberi kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi berbagai ujian dari Allah SWT.

Hadir dalam acara itu antara lain ulama sepuh asal Sarang Rembang KH Maimun Zubair, Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Gatot Abdullah Mansur, anggota Komisi VIII DPR , anggota komite III DPD dan seluruh jajaran pejabat Direktorat Jenderal Haji dan Umroh.

(E001/A011/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010