Catatan nirbobol Inggris raib, babak pertama imbang 1-1 lawan Denmark

id euro 2020,timnas inggris,timnas denmark,mikkel damsgaard,simon kjaer,semifinal euro,piala eropa 2020

Catatan nirbobol Inggris raib, babak pertama imbang 1-1 lawan Denmark

Bola eksekusi tendangan bebas Mikkel Damsgaard melewati kiper Inggris Jordan Pickford dalam laga semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris, Rabu (7/7/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/POOL/Andy Rain.

Jakarta (ANTARA) - Catatan nirbobol yang sebelumnya dimiliki tim nasional Inggris di Euro 2020 akhirnya harus raib setelah gawang mereka dibobol oleh Denmark dalam laga semifinal yang untuk sementara berkedudukan imbang 1-1 hingga babak pertama di Stadion Wembley, London, Inggris, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Tekanan publik Wembley tak menggentarkan kegigihan para pemain Denmark yang mampu lebih dulu mencuri keunggulan lewat tendangan bebas Mikkel Damsgaard.

Inggris membalasnya enam menit jelang turun minum ketika memaksa kapten Denmark Simon Kjaer mencetak gol bunuh diri, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Preview semifinal Euro 2020: Inggris vs Denmark
Baca juga: Susunan pemain Inggris vs Denmark: Bukayo Saka turun sejak awal lagi


Di hadapan Wembley yang sebagian besar diisi pendukungnya sendiri, Inggris memasuki pertandingan dengan agresif tetapi serangan mereka belum terlihat begitu tajam.

Pada menit ke-13, Raheem Sterling melepaskan tembakan tepat sasaran pertama Inggris selepas mereka mampu mematahkan upaya serangan balik Denmark, sayang bola tendangan mendatar penyerang Manchester City itu masih mengarah tepat ke kiper Kasper Schmeichel.

Dua menit berselang, Denmark balas menyerang dan kiper Jordan Pickford melakukan blunder berbahaya setelah mengamankan tembakan Pierre-Emile Hojbjerg, beruntung tendangan penyelesaian Martin Braithwaite bisa dibelokkan oleh John Stones.

Denmark perlahan mulai bisa mengimbangi permainan Inggris dan mendapat hadiah tendangan bebas lebih dari kotak penalti menyusul tindakan ceroboh Luke Shaw saat mengawal Andreas Christensen.

Damsgaard yang menjadi algojo dengan cermat melepaskan tendangan bebas nan tajam demi melewati pagar hidup serta menaklukkan Pickford dan membawa Denmark memimpin pada menit ke-30.

Gol itu jadi gol pertama yang masuk ke gawang Inggris sepanjang babak utama Euro 2020 sekaligus gol pertama dari eksekusi tendangan bebas di kompetisi ini.

Baca juga: Italia ke final Euro 2020 setelah menang adu penalti
Baca juga: Tiga duel sengit dalam laga Inggris vs Denmark


Untuk pertama kalinya merasakan kondisi tertinggal dari lawan, Inggris berusaha keluar dari tekanan itu dan nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-38 jika saja Schmeichel tak melakukan penyelamatan gemilang atas tembakan Sterling.

Namun, semenit berselang, Inggris betul-betul menyamakan kedudukan ketika mereka memaksa kapten Denmark mencetak gol bunuh diri.

Berawal dari umpan terobosan Harry Kane, Bukayo Saka relatif terbebas sendirian menyusur sisi kiri kotak penalti Denmark dan melepaskan umpan tarik matang ke muka gawang di mana Sterling siap menanti. Kjaer berusaha memotong umpan tersebut dan bisa mendahului Sterling, tetapi jegalannya malah membuat bola bersarang ke dalam gawangnya sendiri.

Itu menjadi gol bunuh diri ke-11 yang mewarnai Euro 2020 dan skor 1-1 tak berubah hingga peluit turun minum berbunyi.

Inggris masih punya Jack Grealish, Phil Foden dan Jadon Sancho di bangku cadangan bila Southgate ingin mengubah keadaan.

Sedangkan Denmark memang tidak punya opsi sebanyak Inggris, tapi masih ada Yussuf Poulsen yang bisa diharapkan sebagai alternatif serangan.

Siapapun pemenang semifinal ini sudah ditunggu oleh Italia yang sudah lebih dulu melangkah ke final seusai melewati Spanyol lewat adu penalti.

Baca juga: Bek Denmark Andreas Christensen yakin timnya bisa hentikan Harry Kane
Baca juga: Mancini akui Spanyol hebat, penalti itu lotre

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar