Kemarin, catatan reformasi birokrasi sampai Pilpres 2024

id berita politik kemarin,berita politik ANTARA

Kemarin, catatan reformasi birokrasi sampai Pilpres 2024

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo. ANTARA/HO-Kemenpan RB.

Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (7/7), mulai dari penyampaian catatan pertengahan tahun Reformasi Birokrasi di Indonesia oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo sampai prediksi beberapa pengamat mengenai tokoh-tokoh yang berpeluang maju jadi bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden pada pemilihan presiden 2024.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA:

1. Tjahjo sampaikan catatan tengah tahun reformasi birokrasi 2021

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyampaikan catatan tengah tahun dari reformasi birokrasi di 2021.

Menteri PANRB dalam keterangannya diterima di Jakarta, Rabu menyatakan bahwa reformasi birokrasi terus digaungkan ke seluruh instansi pemerintah agar kualitas birokrasi dapat terus ditingkatkan.

Selengkapnya baca di sini.

2. Sejumlah tokoh diyakini berpeluang jadi bakal capres-cawapres 2024

Sebanyak lebih dari 10 tokoh yang di antaranya merupakan pimpinan partai politik dan kepala daerah diprediksi oleh beberapa pengamat politik dapat menjadi bakal calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurut pengamat politik, pada sebuah acara diskusi di Jakarta, Rabu, 10 tokoh itu berpeluang jadi bakal capres dan cawapres pada Pilpres 2024 karena mereka punya modal popularitas dan tingkat keterpilihan (elektabilitas) yang cukup.

Selengkapnya baca di sini.

3. Jubir sebut Wapres tidak marah dijuluki "The King of Silence"

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin tidak marah atas julukan “The King of Silence” yang diberikan kepadanya oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Semarang (Unnes), kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi, di Jakarta, Rabu.

"Nggak, (Wapres) nggak marah sama sekali. Perlu dicatat dengan garis bawah besar bahwa Wapres kita bukan yang kalau dikritik (marah). Nggak, dia nggak marah; biasa saja," kata Masduki, di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. Presiden lantik Gubernur-Wakil Gubernur Jambi 2021-2024

Presiden Joko Widodo melantik Al Haris dan Abdullah Sani sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi periode 2021-2024.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," kata Al Haris dan Abdullah Sani di Istana Negara Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Jubir sebut Wapres tak gunakan "buzzer" atau "influencer"

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin tidak menggunakan jasa pendengung (buzzer) maupun akun berpengaruh (influencer) di media sosial, kata Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi, di Jakarta, Rabu.

Masduki berkaitan dengan akun resmi Instagram Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) @bemkmunnes yang dibajak dan hilang, setelah memberikan julukan buruk kepada Presiden Joko Widodo, Wapres Ma’ruf Amin, dan Ketua DPR Puan Maharani, menegaskan Wapres tidak menggunakan jaringan buzzer dan influencer.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar