Melalui program vaksinasi ini diharapkan dapat membangun kekebalan kelompok masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meninjau Vaksinasi COVID-19 Gotong Royong bagi ribuan pekerja Industri dan keluarganya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu. 

"Alhamdulillah hari ini saya menyaksikan secara langsung vaksinasi kepada para pekerja dan keluarganya," ujar Ida dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Dalam kunjungannya, Menaker mengapresiasi pihak perusahaan atas kepeduliannya terhadap kesehatan para pekerja dan keluarganya melalui Program Vaksinasi COVID-19 Gotong Royong atau vaksinasi secara mandiri.

Baca juga: Menaker berharap PPKM Darurat tetap jaga keberlangsungan usaha

"Melalui program vaksinasi ini diharapkan akan dapat membangun herd immunity atau kekebalan kelompok masyarakat terhadap COVID-19 yang sedang marak saat ini," ujarnya.

Ia meminta kepada perusahaan agar memperhatikan peningkatan daya tahan dan kesehatan para pekerjanya dengan menyediakan masker dan perlengkapan kesehatan lainnya, seperti vitamin, masker dan hand sanitizer.

Sementara kepada para pekerja, Menaker berpesan agar tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, baik di lingkungan masyarakat maupun di tempat kerja.

Baca juga: Menaker dorong pengawas-mediator ketenagakerjaan awasi PPKM Darurat

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Karawang atas upaya dan keberhasilannya dalam mendorong perusahaan-perusahaan di wilayah Karawang untuk berpartisipasi dalam Program Vaksinasi Gotong Royong.

Ia juga meminta Bupati untuk bersama-sama mengawal pelaksanaan PPKM Darurat ini secara ketat agar penyebaran COVID-19 dapat terkendali.

"Kami meminta kepada Ibu Bupati untuk menginstruksikan kepada Kadisnaker agar terus semangat sebab masih banyak pekerja kita yang belum mendapatkan kesempatan vaksinasi," ucapnya.

Baca juga: Menaker minta pekerja komorbid dan ibu hamil WFH saat PPKM darurat

Adapun, kegiatan vaksinasi COVID-19 yang ditinjau Menaker Ida Fauziyah di Kabupaten Karawang pada hari ini (10/7) adalah vaksinasi COVID-19 bagi 1.000 pekerja dan keluarga PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

PT TMMIN sendiri menargetkan 16 ribu vaksinasi COVID-19 bagi karyawan PT TMMIN dan keluarganya.

Menaker juga meninjau vaksinasi COVID-19 bagi 3.500 pekerja PT Astra Honda Motor (PT AHM). Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pekerja PT AHM ini berlangsung dari 10 hingga 12 Juli 2021.

Pelaksanaan vaksinasi ini turut dihadiri Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker Indah Anggoro Putri, Sesditjen PHI dan Jamsos Surya Lukita Warman, Kadisnakertrans Jawa Barat Rachmat Taufik Garsadi, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Ketua Umum KADIN Arsjad Rasjid, dan Apindo Karawang.

Baca juga: Menaker minta semua pihak upayakan tidak terjadi PHK saat PPKM Darurat

Baca juga: Menaker tebitkan edaran minta dunia usaha patuhi PPKM Darurat

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021