Target pemerintah melakukan vaksinasi dua juta dosis per hari.
Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Dakwa Islam Indonesia (DPP LDII) yang telah melaksanakan kegiatan vaksinasi massal di Pondok Pesantren Minhaajurrosyidin, Jakarta Timur, Selasa.

Kapolri dalam keterangan tertulisnya memandang perlu kerja sama dengan seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan herd immunity (kekebalan kelompok) guna menekan laju penyebaran COVID-19.

"Terima kasih kepada panitia atas pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal ini," kata Sigit.

Bersama dengan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal oleh DPP LDII bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan TNI/Polri.

Dalam tinjauan tersebut, Kapolri menyebutkan vaksinasi massal di Ponpes Minhaajurrosyidin sejak 14 Juni 2021 dengan menargetkan 1.000 orang per hari.

Kegiatan ini melibatkan 60 orang tenaga vaksinator dari dinas kesehatan dan TNI/Polri.

"Hingga saat ini capaian vaksinasi sudah 14.928 orang tervaksin," kata mantan Kapolda Banten tersebut.

Baca juga: 13 juta lebih warga Indonesia sudah selesai jalani vaksinasi COVID-19

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengingatkan tentang vaksinasi massal tahap kedua.

Ia meminta panitia mempersiapkan diri, terlebih dengan target pemerintah melakukan vaksinasi dua juta dosis per hari.

Selain itu, Panglima juga menilai pelaksanaan vaksinasi massal di pondok pesantren baik didukung dengan sirkulasi dan tempat terbuka yang memadai.

"Tempat ini sesuai karena sirkulasinya bagus, terbuka, dan lapangan luas. Kami berikan motivasi kepada panitia dengan hadir ke sini melakukan peninjauan kegiatan," kata Hadi.

Selain meninjau di pesantren, Panglima TNI dan Kapolri melakukan pengecekan langsung ke kegiatan vaksinasi massal di Universitas Atma Jaya, Jakarta, yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni UNIKA Atma Jaya bersinergi dengan Yayasan UNIKA Atma Jaya.

Vaksinasi massal di Atmajaya telah berlangsung sejak 7 Juli 2021. Target vaksinasi adalah mahasiswa dan masyarakat umum sebanyak 1.000 orang/hari.

Sampai dengan hari ini, capaian vaksinasi di Universitas Atma Jaya sebanyak 3.805 orang.

Baca juga: Presiden tinjau vaksinasi massal TNI-Polri serentak seluruh Indonesia

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021