Jakarta (ANTARA) - Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) menargetkan 1.000 anak dari Keluarga Besar TNI (KBT) berusia 12-17 tahun akan divaksin COVID-19 di GOR M. Romly Seskoal, Cipulir, Jakarta, Selasa.

1.000 anak-anak itu merupakan mereka yang berdomisili di daerah sekitar Seskoal dan pelajar SMP dan SMA di wilayah Cipulir, kata Wakil Komandan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani mewakili Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Anak-anak yang mengikuti kegiatan vaksinasi massal di Seskoal, Selasa, menerima vaksin buatan Sinovac Biotech Ltd, CoronaVac.

Baca juga: TNI AL sasar masyarakat maritim dapatkan vaksin COVID-19

Anak-anak yang mengikuti vaksinasi melalui proses yang sama sebagaimana peserta umum, kata Kepala Kesehatan (Kasatkes) Seskoal Letkol Laut (K) dr. Syarif Mustika Harinurdi sebagaimana dikutip dari keterangan yang sama.

“Untuk dosis vaksinasi yang diberikan kepada anak usia 12-17 tahun ini sama dengan dosis orang dewasa (0,5 mililiter) dengan interval minimal 28 hari dari dosis pertama ke dosis kedua,” terang Kasatkes Seskoal.

Sebelum disuntik vaksin, anak-anak itu telah melalui proses pendataan, pemeriksaan kesehatan, kemudian observasi selama 30 menit setelah divaksin.

Bagi anak-anak yang ingin divaksin di Seskoal, Kasatkes menerangkan peserta hanya perlu mencantumkan nomor induk kependudukan (NIK) yang tercantum dalam kartu keluarga (KK).

Baca juga: TNI AL bantu program vaksinasi di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu

Setidaknya ada 20 tenaga kesehatan dari Satkes Seskoal yang bertugas sebagai vaksinator di GOR M. Romly, Selasa. Namun, mereka turut dibantu oleh tenaga kesehatan dari instansi lain, di antaranya Puskesmas Kebayoran Lama, RSAL Dr Mintohardjo, dan Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut.

Pihak Seskoal berencana melanjutkan kegiatan vaksinasi itu tidak terbatas pada anak-anak berusia 12-17 tahun, tetapi juga warga berusia 18 tahun ke atas demi mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity).

“Hal tersebut juga selaras dengan perintah langsung Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono guna mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan pencegahan dan penanggulangan penyebaran COVID-19,” kata Kasubbagpen Seskoal Mayor Laut (KH/W) Berta Armyseatika sebagaimana dikutip dari keterangan yang sama, Selasa.

Baca juga: Korps Marinir bantu pemerintah perangi COVID-19

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021