Karena penanganan ini memang harus dilakukan gotong royong. Apapun instansinya, saya harap yang memiliki akses ketersediaan oksigen bisa segera melakukan hal yang sama dengan Pertamina
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi upaya Pertamina dalam membantu dan mendukung distribusi pasokan oksigen medis bagi penanganan Covid-19 dan diharapkan bisa menjadi teladan perusahaan lain.

Menurut dia, semakin banyak BUMN dan perusahaan swasta turut berpartisipasi, diharapkan pula bisa segera menangani kelangkaan oksigen di berbagai rumah sakit.

"Dalam situasi sulit seperti sekarang, inisiatif Pertamina untuk membantu pasokan oksigen sangat terpuji. Terutama dalam rangka menangani kelangkaan oksigen di rumah sakit dan faskes lain. Sikap Pertamina harus diapresiasi sebaik mungkin," ujarnya di Jakarta, Kamis.

Sebagai anggota komisi yang menangani bidang kesehatan, Saleh berharap upaya Pertamina bisa segera diikuti BUMN dan perusahaan besar lain. Sebab, semakin banyak pihak membantu pasokan oksigen, tentu akan cepat bisa mengatasi kelangkaan oksigen. Terlebih saat ini, ketika kasus Covid-19 sangat tinggi dan semakin banyak masyarakat membutuhkan.

"Karena penanganan ini memang harus dilakukan gotong royong. Apapun instansinya, saya harap yang memiliki akses ketersediaan oksigen bisa segera melakukan hal yang sama dengan Pertamina," katanya.

Dalam keterangannya, Saleh menyatakan kepedulian semua pihak terhadap kebutuhan oksigen bagi penderita Covid-19 sangat dibutuhkan terlebih, saat ini banyak oksigen yang justru dipasok ke berbagai industri.

Untuk itu, lanjutnya, diharapkan pihak industri bisa merelakan sebagian oksigen mereka untuk membantu penanganan Covid-19 .

“Kita harus memprioritaskan penanganan Covid. Aspek pemulihan nilai-nilai solidaritas dan kepedulian terhadap sesama harus ditonjolkan,” tegasnya.

Sebelumnya, Pertamina membantu kebutuhan oksigen di beberapa rumah sakit melalui penyediaan dan pengoperasian 21 truk pengangkut tangki oksigen dengan kapasitas masing-masing 20 ton. Termasuk di antaranya, dengan menyediakan infrastruktur, sarana, dan fasilitas pendukung.

Penyaluran mengutamakan wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, sebagai tindak lanjut dari informasi Satuan Tugas Khusus (Satgas) Oksigen Nasional atas keterbatasan oksigen di rumah sakit di wilayah tersebut.

Bahkan akhir pekan lalu, Pertamina juga menambah 6 unit ISO tank lagi agar dapat mempercepat pemenuhan memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19.

Saleh juga menambahkan kepedulian Pertamina dalam membantu penanganan Covid-19 tidak hanya terkait penyaluran oksigen. Sebelumnya, BUMN energi itu juga aktif membantu seperti obat-obatan, APD bagi tenaga medis, dan juga peralatan untuk donor plasma konvalesen. Bahkan, jelas Saleh, RS Pertamina di berbagai daerah, juga selalu sibuk melayani masyarakat yang terpapar Covid-19.

"Kebetulan Pertamina juga bergerak di rumah sakit. Saya lihat RS Pertamina di Jakarta tiap hari penuh. Jadi mereka memang melayani dan merawat penderita Covid-19 sesuai kemampuan. Karena itu, saya juga mendorong RS Pertamina untuk meningkatkan kapasitas dan pelayanan di seluruh Indonesia," katanya.

Baca juga: Pemprov Jatim siapkan tiga pusat pengisian oksigen untuk masyarakat
Baca juga: Pertamina siagakan tangki oksigen 20 ton di Asrama Haji Jakarta
Baca juga: Pertamina kerahkan 27 tangki oksigen untuk penanganan COVID-19

Pewarta: Subagyo
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021