Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), bagian dari industri strategis yang berada di bawah Pupuk Indonesia Holding Company, akan melakukan diversifikasi usaha dengan menggarap bisnis pengolahan minyak sawit mentah (crude pulm oil/CPO) memanfaatkan potensi besar kelapa sawit Indonesia.

Saat ini, Indonesia masih mengekspor sebagian besar minyak sawit mentah yang belum diolah. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kimia, PKT melihat pentingnya memacu hilirisasi CPO agar industri oleokimia dalam negeri dapat menghasilkan nilai tambah.

"Langkah ini juga menjadi salah satu strategi pengembangan PKT, guna turut memaksimalkan potensi sektor kelapa sawit dan memastikan proses peningkatan nilai tambah dari hilirisasi industri sawit bisa dilakukan sepenuhnya secara in-house di Indonesia," kata Direktur Utama PKT, Rahmad Pribadi, dalam pernyataan pers, Kamis.

Rahmad Pribadi mengatakan, dalam rangka diversifikasi usaha, PKT tidak hanya mengembangkan industri turunan gas bumi saja, namun juga akan melakukan pengembangan di industri yang menggunakan renewable resource, seperti pengembangan industri oleochemical dan turunannya yang merupakan produk lanjutan dari CPO atau kelapa sawit.

Data dari Gabungan Pengusaha Sawit Indonesia (GAPKI) mencatat bahwa ekspor minyak sawit mentah atau CPO mencapai 28,27 juta ton di 2020, sedangkan produk turunan oleokimia yang diekspor hasil produksi dalam negeri tercatat hanya 3,87 juta ton, sehingga dapat dilihat hilirisasi produk CPO dalam negeri masih menyimpan potensi lebih.

Baca juga: PKT dan BRI kolaborasi sediakan pendanaan distributor pupuk

Guna memaksimalkan potensi tersebut, saat ini pemerintah sedang bergerak untuk memperkuat hilirisasi industri sawit agar dapat tampil sebagai salah satu sektor andalan perekonomian Indonesia.

Proses mulai dari bahan mentah CPO hingga produk oleokimia turunannya akan digencarkan untuk dilakukan di dalam negeri, baik untuk kebutuhan substitusi impor di ranah domestik maupun promosi ekspor. Upaya hilirisasi kelapa sawit di Indonesia saat ini dapat dikelompokkan menjadi tiga jalur hilirisasi yakni oleopangan, oleokimia, dan biofuel.

Di Kaltim saja, menurut Rahmad Pribadi, potensi produksi CPO untuk industri oleokimia hilir saat ini mencapai 4,3 juta ton per tahun. Akan tetapi, saat ini belum terdapat industri pengolahan lanjutan oleokimia di wilayah ini.

Dalam usaha PKT untuk mengolah potensi industri oleokimia di Kaltim dan Indonesia pada umumnya, PKT tengah menyusun kajian untuk membangun pabrik oleokimia yang akan menghasilkan produk turunan berupa fatty acid dengan potensi kapasitas produksi sebesar 100 ribu ton per tahun.

Baca juga: Pupuk Kaltim beri beasiswa 36 pelajar berprestasi di Bontang

"Untuk sumber bahan baku, PKT telah memiliki kebun kelapa sawit sendiri dengan luas sekitar 7.400 hektar melalui anak usaha, yaitu PT Kalimantan Agro Nusantara yang merupakan perusahaan kolaborasi dengan PTPN XIII," jelas Rahmad.

Rencana pengembangan fatty acid tersebut menjadi tahap awal bagi PKT untuk pengembangan produk turunan oleokimia lainnya berbasis fatty acid seperti fatty alcohol dan fatty amine pada tahap selanjutnya.

Fatty acid dan fatty alcohol sendiri merupakan bahan baku berbagai produk, seperti sabun dan detergen, plastik, karet, kertas, lubricant, coating, makanan, lilin dan lain-lain. Menurut Asosiasi Oleokimia Indonesia (APOLIN), total kapasitas produksi fatty acid Indonesia mencapai sebesar 5,26 juta Metric Tonne Per Year (MTPY), dengan pertumbuhan kapasitas yang tidak naik signifikan antara 2017 hingga 2020.

Potensi industri oleokimia yang tengah dikaji oleh PKT ini juga turut diperkuat dengan kepemilikan berbagai fasilitas pendukung yang saat ini telah dimiliki oleh perusahaan, seperti lokasi pabrik yang berdekatan dengan sumber bahan baku CPO, tersedianya utilitas termasuk hidrogen, serta dermaga, sehingga dapat memasok bahan baku dan ekspor produk dengan kapasitas kapal yang cukup besar.

Selain itu, dalam aspek diversifikasi produk, PKT juga memiliki PreciPalm, yang merupakan sistem aplikasi rekomendasi pemupukan berbasis Pertanian Presisi (Precision Agriculture) yang cepat, tepat, dan efisien pada perkebunan kelapa sawit.

Teknologi ini dikembangkan bersama dengan tim ilmuwan Indonesia dari Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk meningkatkan efisiensi pemupukan lahan kelapa sawit hingga 30 persen dan mengoptimalkan produktivitas hasil pertanian kelapa sawit secara sustainable dalam jangka panjang.

"Harapan kami nantinya PKT dapat berkontribusi dalam kemajuan industri oleokimia di Kaltim dan Indonesia, demi menempatkan Indonesia sebagai ‘Raja’ hilir sawit pada tahun-tahun yang akan datang," kata Rahmad menambahkan.

Baca juga: Pupuk Kaltim distribusikan 1,7 juta ton pupuk pada kuartal I 2021

Baca juga: Peduli lingkungan, Pupuk Kaltim konsisten tekan emisi gas rumah kaca

Pewarta: Suryanto
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021