Jakarta (ANTARA) - Netflix tengah merencanakan ekspansi ke video game dan sudah merekrut mantan eksekutif Electronic Arts dan Facebook Mike Verdu untuk memimpin langkah besar ini.

Mengutip Bloomberg, Kamis, Mike Verdu akan menjabat sebagai wakil presiden pengembangan game di Netflix dan bertugas melapor kepada Chief Operating Officer (COO) Greg Peters.

Sebelum bergabung dengan Netflix, Verdu adalah wakil presiden Facebook yang membangun kerja sama dengan pengembang untuk menghadirkan game VR headsets Oculus dan konten lainnya.

Baca juga: Stephen Chow buat film "online" lewat kemitraan Tencent Video China

Saham Netflix naik sebanyak 3,3 persen menjadi 566 dolar AS di akhir perdagangan usai Bloomberg melaporkan berita tersebut. Saham telah naik 1,3 persen tahun ini hingga penutupan Rabu.

Ide video game untuk Netflix akan dikembangkan dalam satu tahun ke depan. Menurut sumber yang enggan disebut namanya, saat ini perusahaan belum berencana membebankan biaya tambahan untuk konten tersebut.

Netflix juga akan membangun tim untuk mengembangkan game-nya dalam beberapa bulan mendatang dan sudah mengumumkan iklan rekrutmen untuk mengisi posisi di dalam tim.

Langkah besar ini menandakan bahwa Netflix tengah mencari cara lain untuk memikat pelanggan baru dengan menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki pesaing lainnya, seperti Disney+, HBO Max, dan Amazon Prime Video. Para pesaing memiliki akses ke siaran langsung olahraga namun tidak memiliki layanan game.

Sebelum rencana ekspansi ke video game, Netflix sudah memulai langkah kecil dengan melisensikan hak atas game berdasarkan acara yang diproduksinya, seperti “Stranger Things”. Selain itu, Netflix telah melakukan terobosan dalam program interaktif.

Namun, sebagai catatan, beberapa perusahaan memang berhasil dalam melisensikan film atau serial televisinya untuk game, namun perusahaan lain seperti Disney harus menutup sebagian besar operasi game setelah bertahun-tahun gagal dan sejak saat itu hanya berfokus pada lisensi game Marvel dan Star Wars.

Baca juga: Meghan Markle akan rilis serial animasi "Pearl" di Netflix

Baca juga: Netflix perluas kerja sama dengan produser "Bridgerton"

Baca juga: Netflix belum temukan sutradara hebat, kata direktur festival Cannes

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021