Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Soppeng bersama Universitas Hasanuddin matangkan persiapan penerimaan mahasiswa baru (maba) program vokasi di daerah tersebut.

Wakil Bupati Ir H Lutfi Halide MP pada rapat perispaan virtual, Senin, mengatakan siap memberikan kontribusi maksimal dalam mendukung pelaksanaan seleksi calon mahasiswa baru ini.

"Kami siap mendukung penuh berbagai agenda yang kiranya akan dilakukan Unhas untuk proses penerimaan mahasiswa baru ini. Tentu, kontribusi yang kami berikan sesuai dengan tugas dan kapasitas kami," katanya.

Sebagai kampus vokasi dengan penerimaan mahasiswa untuk pertama kalinya, ia sekaligus berharap segala proses seleksi yang akan dilaksanakan berjalan dengan baik.

Baca juga: Mahasiswa vokasi kesehatan Asmat praktik klinik di Makassar

Baca juga: Vokasi teknologi pakan ternak-wisata bahari disiapkan Unhas di Barru


"Pemda Soppeng telah aktif melakukan upaya sosialisasi terkait program ini, sehingga dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, utamanya para putra-putri daerah Soppeng," ujar Lutfi.

Dalam kesempatan tersebut, pihak Pemda Soppeng memberikan gambaran tentang berbagai upaya sosialisasi, misalnya pembuatan baliho pada semua kecamatan di Soppeng, pemutaran video hingga surat edaran.

Juga dipaparkan penjelasan mengenai kendala yang dirasakan oleh calon peserta yang ingin mendaftar pada pendidikan vokasi Unhas di Kabupaten Soppeng.

Direktur Komunikasi Unhas Ir Suharman Hamzah PhD, menjelaskan terkait teknis penyelenggaraan tes yang dijadwalkan pada 27 Juli 2021, sekiranya Pemda Soppeng dapat memberikan fasilitas sarana prasarana yang diperlukan selama proses tersebut berlangsung.

Pendidikan Vokasi Unhas di Kabupaten Soppeng hadir dengan dua program studi yakni Prodi Agribisnis Peternakan dan Prodi Agribisnis Pertanian.

Proses pendaftaran masih berlangsung hingga 23 Juli mendatang. Rencananya, untuk proses tes akan dilaksanakan secara luring terbatas di SMPN 1 Soppeng.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr Ir Muh Restu, MP, berharap kolaborasi Unhas bersama Pemda Soppeng mampu menjaring dan membuka peluang bagi putra-putri daerah untuk peningkatan potensi daerah.

"Penerimaan mahasiswa baru Program Vokasi Unhas di Soppeng merupakan wujud komitmen kita bersama. Setelah melalui berbagai proses persiapan, akhirnya kita dapat menerima mahasiswa tahun ini. Kita berharap, banyak putra-putri daerah yang tertarik bergabung," ujarnya*

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021