Jakarta (ANTARA) - Saham energi dan perbankan membantu FTSE 100 rebound pada awal perdagangan Selasa setelah lonjakan kasus virus dan kekhawatiran perlambatan ekonomi mendorong indeks ke level terendah dua bulan pada perdagangan hari sebelumnya.

Indeks FTSE 100 naik 1,1 persen dengan HSBC Holdings dan BP menjadi pendorong utama.

Perbankan melonjak 1,3 persen setelah Catherine Mann, ekonom top yang akan segera bergabung dengan komite penetapan suku bunga Bank of England (Bank Sentral Inggris), bersama penentu suku bunga Jonathan Haskel, mengatakan bahwa pemotongan dukungan stimulus terlalu dini bukanlah pilihan yang tepat.

Lonjakan inflasi baru-baru ini di atas target BoE sebesar 2 persen sejak Mei telah meningkatkan kekhawatiran atas kemungkinan bank sentral akan menarik dukungan lebih cepat dari yang diperkirakan.

Indeks saham kaitalisasi menengah FTSE 250 yang berfokus di dalam negeri naik 0,6 persen.

Di antara saham, penambang global Anglo American melonjak 1,8 persen setelah mengatakan produksinya naik 20 persen pada kuartal kedua, didorong oleh produksi berlian dan platinum yang kuat.

Maskapai penerbangan Inggris EasyJet naik 1,5 persen setelah mengatakan akan menerbangkan 60 persen dari kapasitas pra-pandemi pada periode Juli-September, lompatan besar lebih dari 17 persen yang diterbangkannya pada kuartal sebelumnya, karena pembatasan COVID-19 mereda dan permintaan di seluruh Eropa tumbuh.
 

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021