Cambridge (ANTARA) - Suntikan COVID-19 AstraZeneca tidak meningkatkan risiko pembekuan darah langka dengan kadar trombosit yang rendah pada penerimanya setelah dosis kedua, menurut studi pada Rabu yang berpotensi meredam sejumlah kekhawatiran efek samping vaksin tersebut.

Data yang diterbitkan di jurnal medis the Lancet menemukan bahwa proyeksi tingkat trombosit dengan sindrom trombositopenia (TTS) setelah dosis kedua vaksin adalah 2,3 per juta pada penerima vaksin, sebanding dengan tingkat tipikal yang terlihat pada mereka yang tidak divaksin, kata AstraZeneca.

Tingkatnya 8,1 setelah dosis pertama, lanjutnya.

Penelitian, yang dipimpin dan didanai oleh AstraZeneca, mengevaluasi laporan kasus yang terjadi dalam 14 hari pemberian dosis pertama atau kedua pada 30 April. Penilaian itu menggunakan basis data keamanan global produsen obat Anglo-Swedia tersebut.

"Kecuali TTS teridentifikasi setelah dosis pertama, hasil ini mendukung pemberian jadwal Vaxzevria dua dosis, seperti yang diindikasikan, untuk membantu memberikan perlindungan terhadap COVID-19 termasuk melawan variants of concern yang meningkat," kata eksekutif senior AstraZeneca, Mene Pangalos.

Suntikan AstraZeneca, yang ditemukan oleh Universitas Oxford, tertinggal di dalam perlombaan vaksin setelah muncul sejumlah pukulan, termasuk penundaan produksi, tuntutan hukum dan kemungkinan kaitan dengan sejumlah efek samping yang parah namun langka, seperti TTS, yang kini sedang diselidiki oleh regulator.

Regulator obat Uni Eropa sedang mendalami kasus TTS sejak Maret dan telah menemukan kemungkinan kaitan dengan Vaxzevria, dan suntikan dosis tunggal Johnson & Johnson. Namun, pihaknya mempertahankan bahwa manfaat keseluruhan dari kedua vaksin tersebut lebih tinggi ketimbang risiko yang muncul.

Total 316 kasus TTS terjadi pada orang dewasa penerima vaksin COVID-19 di Area Ekonomi Eropa, kata otoritas pada 28 Mei.

Sumber: Reuters
Baca juga: Pro dan kontra risiko AstraZeneca
Baca juga: EU: AstraZeneca punya profile risiko-manfaat baik di atas usia 60
Baca juga: AstraZeneca akan sebut potensi risiko pembekuan darah pada label

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021