KAI Group terus hadirkan vaksinasi gratis di berbagai kota

id pt kai kereta api

KAI Group terus hadirkan vaksinasi gratis di berbagai kota

Petugas melayani warga untuk pengecekan dokumen surat keterangan bebas COVID-19 di Stasiun Kereta Api Medan, Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (12/7/2021). Selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Medan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut mewajibkan penumpang antarkota untuk menunjukkan kartu vaksinasi dan surat keterangan hasil negatif tes usap RT-PCR maksimal 2x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan demi meredam penyebaran virus COVID-19. ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/foc.

Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama anak usahanya yakni KAI Commuter menghadirkan layanan vaksinasi Covid-19 gratis bagi pelanggan maupun masyarakat di berbagai kota.

Vaksinasi gratis tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mempercepat program vaksinasi Covid-19 pada masyarakat.

“KAI mendukung penuh program pemerintah agar target vaksinasi kepada masyarakat dapat terpenuhi, sehingga pembentukan kekebalan tubuh secara komunal atau herd immunity dapat segera terwujud,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis yang dikutip di Jakarta, Jumat.

Joni mengatakan KAI Group saat ini telah menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 gratis di 18 stasiun di berbagai kota baik di Pulau Jawa maupun Sumatera untuk pelanggan kereta api jarak jauh, pengguna KRL, hingga masyarakat umum.

“Nantinya, KAI beserta KAI Commuter secara bertahap akan menambah jumlah stasiun yang melayani vaksin Covid-19 gratis sebagai bentuk komitmen untuk memberikan kontribusi maksimal dalam program vaksinasi nasional,” ujarnya.

Stasiun yang melayani vaksinasi Covid-19 gratis khusus bagi pelanggan KA Jarak Jauh adalah Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, dan Malang.

Pelanggan KA Jarak Jauh yang ingin memanfaatkan layanan vaksinasi gratis di stasiun tersebut harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.

Selain untuk pelanggan KA Jarak Jauh, layanan Vaksinasi Covid-19 gratis juga tersedia di Stasiun Padang hasil kolaborasi antara KAI dengan Kodim 0312 Padang. Layanan Vaksinasi Covid-19 gratis di Stasiun Padang ini selain dapat dimanfaatkan oleh pelanggan kereta api, juga dapat diikuti oleh masyarakat umum.

Sementara itu, anak usaha KAI yaitu KAI Commuter juga telah menghadirkan layanan vaksinasi Covid-19 gratis bagi pengguna KRL dan masyarakat di Stasiun Duri, Angke, Rangkasbitung, dan Jakarta Kota.

"Kami mengajak para pengguna memanfaatkan fasilitas vaksinasi gratis yang ada di sejumlah stasiun KRL. Dengan mengikuti vaksinasi ini, para pengguna KRL yang mobilitasnya tinggi dan setiap hari berinteraksi dengan orang lain dalam bertransportasi dapat lebih terjaga kesehatannya," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba.

Program vaksinasi ini akan terus dikembangkan hingga menjangkau lebih banyak stasiun KRL di berbagai wilayah.

Hadirnya vaksinasi di stasiun merupakan hasil kolaborasi dari KAI Group dengan seluruh stakeholders seperti Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, TNI, Polri, pemerintah daerah setempat, serta pihak-pihak lain yang terlibat.

KAI Group mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menghadirkan layanan Vaksinasi Covid-19 Gratis di Stasiun ini.

Masyarakat sangat antusias akan hadirnya layanan Vaksinasi Covid-19 Gratis di berbagai stasiun ini. Terbukti hingga 29 Juli, KAI Group telah melayani 20 ribu peserta vaksinasi Covid-19 gratis di stasiun.

Joni menegaskan sosialisasi kepada masyarakat akan terus dilakukan secara intensif agar semakin banyak masyarakat yang mengikuti kegiatan Vaksinasi Covid-19 gratis di stasiun.

“Kami mengimbau kepada pelanggan serta masyarakat yang belum divaksin untuk memanfaatkan layanan vaksinasi gratis di stasiun sehingga penyebaran pandemi Covid-19 dapat lebih terkendali,” pungkas Joni.

Baca juga: Pelanggan KA di Sumatera wajib tunjukkan kartu vaksin Covid-19
Baca juga: KAI gandeng PGN angkut LNG dengan kereta api
Baca juga: Daop Madiun catat penumpang KA turun 90 persen selama PPKM

 

Pewarta : Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar