Wagub DKI sebut vaksin bisa angkat dari keterpurukan ekonomi

id Wagub DKI,Riza Patria,Vaksin COVID-19,Vaksin COVID,Game Changer

Wagub DKI sebut vaksin bisa angkat dari keterpurukan ekonomi

Tangkapan layar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dalam acara webinar transportasi, tanggap vaksin untuk Indonesia Bangkit dari BUMD, LRT Jakarta, Jumat (30/7/2021). (ANTARA/Ricky Prayoga)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut vaksin COVID-19 menjadi pengubah arah permainan yang mampu mengangkat keterpurukan ekonomi akibat pandemi selama satu setengah tahun.

Menurut Riza, dalam keterangan yang disampaikannya di acara webinar transportasi, tanggap vaksin untuk Indonesia Bangkit dari BUMD, LRT Jakarta, Jumat, vaksinasi ini akan menciptakan kekebalan komunal (herd immunity) yang efeknya akan terasa pada perekonomian.

Baca juga: Wagub DKI: Surat vaksin saat makan agar warga mau divaksin

"Kehadiran vaksin COVID-19 diharapkan jadi pengubah arah permainan  yang mampu mengangkat keterpurukan ekonomi nasional yang satu setengah tahun terdampak pandemi," kata Riza.

Karenanya, kata Riza, vaksinasi yang telah dimulai sejak awal 2021, haruslah didukung oleh semua pihak, terlebih saat ini angka harian COVID-19 ini sedang meningkat belakangan ini.

Baca juga: Wagub DKI minta warga isoman di rumah lapor RT

Menurut Riza, masyarakat juga harus paham bahwa pandemi COVID-19 harus cepat diselesaikan karena telah memberi dampak besar pada kerusakan ekonomi di tiga sisi, mulai dari sisi suplai di mana banyak kegiatan produksi terganggu karena penerapan pembatasan sosial.

Kemudian sisi demand permintaan di mana daya beli masyarakat menurun, lalu sektor jasa dan pelayanan yang terganggu dan terhenti, terutama terkait jasa transportasi, pariwisata, penginapan, dan sebagainya.

Baca juga: Wagub DKI: Satgas awasi pengunjung di tempat makan

"Kita harus belajar selama satu setengah tahun ini perekonomian kita sangat terdampak karenanya vaksin ini menjadi penting dan mendesak demi segera menuntaskan pandemi COVID-19," ucap Riza menambahkan.

Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar