Solo (ANTARA) - PT PLN (Persero) mulai melayani kebutuhan listrik PT Semen Grobogan dengan daya 30.000 kiloVolt Ampere (kVA) dan akan bertambah menjadi 40.000 kVA pada Oktober 2021.

"PLN sebagai pemegang amanah penyedia kelistrikan berkomitmen untuk dapat menyediakan listrik yang berkualitas, terutama kepada sektor industri untuk terus dapat berkontribusi menggerakkan perekonomian," kata Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, dan Bali PLN Haryanto WS saat peresmian sambungan listrik secara daring, Senin.

Ia mengatakan untuk melayani PT Semen Grobogan, PLN membangun Gardu Induk (GI) Grobogan dan trasmisi dari Purwodadi dan Mranggen, Demak. Upaya tersebut merupakan bukti komitmen PLN untuk memenuhi setiap kebutuhan listrik, khususnya untuk sektor industri yang menggerakan roda ekonomi.

"Infrastruktur ini nanti yang akan memberikan dukungan keandalan kepada PT Semen Grobogan," katanya.

Sementara itu, hingga tahun ini PLN telah mewujudkan dukungan pada industri dengan menyuplai pasokan listrik andal untuk sepuluh konsumen tegangan tinggi (KTT) di wilayah Jawa Tengah dan DIY dengan total daya 429.500 kVA.

Pihaknya mencatat pada sepanjang Januari-Juni 2021, PLN berhasil menambah 1,65 juta pelanggan baru termasuk dari sektor industri. Capaian ini juga membuat PLN meraih membukukan laba bersih sebesar Rp6,6 triliun hingga Juni 2021.

Tidak hanya mendorong investasi, PLN juga memastikan daya listrik mencukupi. Ia mengatakan dalam waktu dekat PLN akan menambah kapasitas listrik sebesar 4.000 MW pada kelistrikan Jawa-Bali.

"Kami sedang membangun pembangkit di Tanjung Jati B di Jepara, insyaallah bulan Januari 2022 akan beroperasi dengan daya 2x1000 MW, kemudian di Batang juga akan beroperasi 2x1.000 MW. Ini yang akan memasok langsung listrik di Jawa Tengah," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Produksi PT Semen Grobogan Suparni mengapresiasi penyambungan listrik PLN yang akan menyuplai pabriknya tersebut.

"Kami menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kerja sama yang baik, dengan PLN dalam situasi yang demikian sulit dengan berbagai hambatan yang ada, alhamdulillah pada tanggal 9 Juli 2021 listrik sudah masuk ke PT Semen Grobogan," katanya.

Senada, Bupati Grobogan Sri Sumarni juga menyambut baik kerja sama antara PLN dan PT Semen Grobogan ini. Ia berharap dukungan yang diberikan oleh PLN tersebut akan berpengaruh pada peningkatan roda perekonomian di Kabupaten Grobogan.

"Dengan akan dimulainya operasi PT Semen Grobogan, diharapkan menciptakan pengaruh terhadap perekonomian nasional maupun Kabupaten Grobogan. Kami harapkan juga menjadi daya ungkit ekonomi masyarakat sekitar pabrik PT Semen Grobogan," katanya.***1***

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021