Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengatakan sudah 11.556 tenaga kesehatan (nakes) di tujuh kabupaten/kota divaksinasi dosis ketiga menggunakan Moderna.

Ansar menyampaikan vaksin untuk nakes itu sudah didistribusikan ke semua kabupaten/kota, Jumat (6/8). Sementara, pencanangan vaksinasi bagi nakes secara serentak sudah dimulai sejak, Senin (9/8).

Dia merinci untuk Kota Tanjungpinang ada 80 vial vaksin dengan sasaran 1.120 nakes, Kabupaten Bintan mendapatkan 46 vial dengan sasaran 644 nakes, Kabupaten Lingga, menerima 61 vial dengan sasaran 854 nakes.

Kemudian Kabupaten Natuna menerima 70 vial vaksin dengan sasaran 980 nakes, Kabupaten Anambas ada 47 vial dengan sasaran 658 nakes.

Baca juga: Warga tewas, KIPI Kepri: Suntik vaksin sekaligus dua tidak berbahaya

Baca juga: Provinsi Kepri dapat tambahan stok vaksin 10.260 vial dari Kemenkes


Kemudian pada Sabtu (7/8) Kota Batam sudah menerima 410 vial vaksin untuk 5.740 nakes dan Kabupaten Karimun ada sebanyak 109 vial vaksin untuk 1.560 nakes.

“Terima kasih kepada nakes yang telah bersedia divaksinasi dosis tiga,” kata Gubernur Ansar.

Menurut Ansar, tambahan vaksin ini sesuai dengan surat edaran Kemenkes No.HK.02.01/11919/2021 tentang vaksinasi dosis ketiga bagi seluruh tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

Edaran ini dibuat dengan mempertimbangkan bahwa masih ada SDM nakes yang sudah divaksinasi tahap dua namun masih terinfeksi COVID-19.

Oleh karena itu, perlu dilakukan intervensi vaksinasi dosis tiga bagi SDM nakes yang dihadapkan dengan resiko tinggi penularan COVID-19.

“Upaya ini dilakukan untuk melindungi tenaga kesehatan yang mengalami tekanan yang luar biasa pada gelombang kedua pandemi ini,” demikian Ansar.*

#ingatpesanibu
#sudahvaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua

Baca juga: Pemprov Kepri tiga kali surati Menkes minta vaksin

Baca juga: Stok vaksin COVID-19 di Provinsi Kepri menipis


Pewarta: Ogen
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021