Korps Brimob Polri gelar vaksinasi anak berkebutuhan khusus

id Polri, BRIMOB, vaksinasi, COVID-19,vaksinasi disabilitas

Korps Brimob Polri gelar vaksinasi anak berkebutuhan khusus

Korps Brimob Polri menggelar vaksinasi anak berkebutuhan khusus di gerai vaksin Merdeka Yayasan Dharma Asih dan YPLB Nusantara, Depok, Jumat (13/8/2021). ANTARA/HO-Humas Polri

Jakarta (ANTARA) - Korps Brimob Polri menggelar vaksinasi anak berkebutuhan khusus di gerai vaksin Merdeka Yayasan Dharma Asih dan YPLB Nusantara, Depok, Jawa Barat.

Kepala Bidang Kesejahteraan Jasmani Korps Brimob Kombes Pol Danu Waspodo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, menjelaskan vaksinasi itu menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Hari ini dari Korps Brimob Polri dan Rumah Sakit Bhayangkara Brimob bekerjasama dengan Dinkes dan Disdik Kota Depok dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi terhadap orang yang mempunyai kebutuhan khusus dan penyandang disabilitas di wilayah Kota Depok,” kata Danu.

Danu mengatakan terdapat dua sasaran wilayah yang ada Depok, yaitu Beji dan Pancoran Mas. Vaksinasi pada dua lokasi ini menargetkan 300 orang berkebutuhan khusus.

Pada pemberian vaksinasi kali ini ada yang berbeda.

Danu menjelaskan perbedaan tersebut, yaitu kehati-hatian karena target orang yang divaksin kali ini adalah orang dengan kebutuhan khusus.

"Ada perbedaan pemberian vaksinasi untuk disabilitas. Untuk disabilitas ini sangat-sangat penuh perhatian mereka punya kekurangan dibanding yang normal. Jadi satu hari sebelumnya dari rumah sakit dan dokter spesialis sudah melaksanakan screening terhadap peserta yang akan dilaksanakan vaksinasi," ujar Danu.

Danu menambahkan, sesuai arahan Polri agar senantiasa menjemput bola dan mengejar target vaksinasi, sehingga tercipta herd immunity.

Danu menyatakan semua orang termasuk orang dengan kebutuhan khusus perlu divaksinasi.

"Dari Bapak Dankor Brimob memberikan arahan kepada kami semua untuk senantiasa mempercepat jemput bola kepada masyarakat yang belum divaksin, jadi kami harus menghijaukan masyarakat Depok dan sekitarnya, termasuk penyandang disabilitas," kata Danu lagi.

Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad mengapresiasi langkah jemput bola program vaksinasi tersebut.

Abdul menilai target vaksinasi dapat terpenuhi, karena adanya partisipasi dari semua pihak.

"Saya melihat ini salah satu bukti komitmen anak bangsa dan seluruh institusi di NKRI ini dalam menghadapi pandemi yang mencemaskan ini bisa berkolaborasi semuanya berperan. Jadi terima kasih apresiasi saya yang setinggi-tingginya," kata Abdul.

Abdul menyatakan Kapolri dan Mendagri pernah menyampaikan dalam menghadapi pandemi yang ada adalah super tim. Tidak ada yang namanya super institusi, tidak ada super community yang ada adalah super nation.

Dalam kegiatan ini, Korps Brimob Polri juga memberikan bantuan sosial kepada YPLB Nusantara berupa paket sembako dan kebutuhan sehari-hari serta kartu berobat gratis kepada anak-anak berkebutuhan khusus di Rumah Sakit Bhayangkara Brimob.
Baca juga: Stafsus Presiden koordinasikan kebutuhan difabel saat vaksinasi
Baca juga: Pemerintah permudah administrasi disabilitas penerima vaksin COVID-19

Pewarta : Fauzi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar