Manado (ANTARA News) - Gunung api Karangetang di Kabupaten Sitaro berada dalam status waspada, sementara Gunung Lokon di Tomohon dinyatakan berstatus siaga.

"Masyarakat yang ada di kaki gunung Karangetan sebaiknya selalu waspada, karena hampir setiap saat selalu beraktifitas," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) Sulut, Hoyke Makarawung, di Manado, Selasa.

Bahkan gunung api Karangetan sempat beraktifitas pada Agustus 2010 lalu dan menyebabkan ribuan warga harus mengungsi ke lokasi aman serta empat warga meninggal tertimbun longsor material vulkanik.

Sementara gunung Lokon sendiri, masih belum menunjukan tanda-tanda aktifitas berarti, hanya saja sudah dikeluarkan peringatan siaga dari petugas gunung berapi di daerah itu.

"Pemerintah daerah terus memonitor kondisi dua gunung itu," katanya.

Pemerintah daerah belum mengeluarkan peringatan pindah dari kaki gunung Karangetan karena memang ada indikasi bahaya.

"Hanya saja gunung Karangetan sewaktu-waktu bisa batuk (mengeluarkan abu vulkanik) seperti terjadi pada Agustus 2010 lalu dengan diikuti muntahan lava dingin," jelasnya.

Anggota DPRD Sulut Edwin Lontoh mengatakan, pemerintah harus tanggap dengan ancaman berbagai bencana alam seperti letusan gunung merapi, dengan menyiapkan lokasi pengungsian.(*)

ANT/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010