HUT RI, Polda Sumbar kibarkan Merah Putih di dasar laut

id Polda Sumbar, Padang,HUT RI,bendera merah puith

HUT RI, Polda Sumbar kibarkan Merah Putih di dasar laut

Tangkapan layar video upacara pengibaran bendera merah putih yang digelar Polda Sumbar di dasar laut Kota Padang (ANTARA/ Dokumen pribadi Kombes Pol Yofie Girianto)

Padang, (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia dengan cara menyelam dan melaksanakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di dasar laut daerah itu

Direktur Lalu Lintas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Yofie Girianto Putro di Padang, Senin mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk menyemarakkan HUT RI-76 dengan melakukan upacara di dasar laut Kota Padang.

Ia mengatakan kegiatan ini dipimpin oleh Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto dan diikuti sejumlah pejabat utama Polda Sumbar seperti Dansat Brimob Polda Sumbar Kombes Pol Joni Afrizal, Direktur Polisi Air dan Udara Kombes Pol Sahat Marisi Hasibuan dan Dirlantas Polda Sumbar.

Baca juga: Kodam XVIII Kasuari membentangkan merah putih di puncak Kobrey Pegaf

Pengibaran bendera sendiri dilakukan pada kedalaman sekitar 20 meter di Laut Kota Padang.

Pelaksanaan HUT RI dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 yang membuat adanya keterbatasan dalam melaksanakan kegiatan namun Polda Sumbar berupaya menyemarakkan hari kemerdekaan dengan menggelar acara ini.

Pengibaran Bendera Merah Putih di dasar laut juga dilakukan pada tahun lalu namun tidak mengurangi khidmatnya pelaksanaan upacara bendera di bawah laut.

Para penyelam yang terdiri dari Wakapolda Sumbar, Dirlantas, Dansat Brimob, Dirpolairud Polda Sumbar serta anggota mengenakan pakaian dinas harian yang dilengkapi dengan perlengkapan selam.

Rombongan berangkat dari titik kumpul menggunakan kapal dan Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Yofie Girianto Putro menggunakan speed boat sambil membawa bendera yang terikat kayu di punggungnya menuju lokasi yang sudah ditentukan.

Baca juga: Sambut HUT RI, KKP dan Unair gelar webinar Merah Putih Ikan Hias

Di atas kapal, rombongan mengenakan perlengkapan selam dan tak lupa memakai ikat kepala merah putih. Sebelum melakukan penyelaman, rombongan melaksanakan doa bersama agar pelaksanaan upacara di bawah laut berjalan lancar.

Satu persatu dari rombongan mulai memasuki air termasuk Wakapolda, Dirlantas, Dansat Brimob, Dirpolairuda dan lainnya.

Sesampai di titik yang ditentukan, rombongan membentuk barisan dengan cara melingkar. Agar dapat tenang dan tidak mengambang, personel berlutut di dasar laut dan dua orang memegang tiang dan bendera yang siap dikibarkan.

Wakapolda Sumbar sebagai pemimpin upacara memberikan penghormatan kepada bendera di dasar laut dan diikuti rombongan lainnya.

Selepas pelaksanaan upacara, rombongan menancapkan Sang Saka Merah Putih di dasar laut dan meninggalkan lokasi menuju kapal dan kembali ke daratan.

"Ini salah satu upaya kita memperingati HUT RI yang ke-76. Meski di tengah pandemi tentu tidak melunturkan rasa nasionalisme kita semua sebagai anak bangsa. Merdeka," kata Kombes Pol Yofie .

Baca juga: Satgas TNI dan warga Merauke pasang bendera Merah Putih di perbatasan
Baca juga: Polres Wondama bentangkan merah putih di puncak gunung Wasior

Pewarta : Mario Sofia Nasution
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar