Jakarta (ANTARA) - Pemerintah menyiapkan situs Rumah Digital Indonesia untuk memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia di tengah pandemi virus corona.

Pemerintah mengimbau perayaan 17 Agustus tahun ini secara digital, tidak perlu berkumpul secara fisik demi mengurangi penyebaran virus corona.

Masyarakat baik dewasa maupun anak-anak bisa ikut merayakan peringatan Kemerdekaan RI secara digital dengan mengakses situs rumahdigitalindonesia.id, baik melalui laptop maupun ponsel.

Ketika membuka situs, pengunjung akan disambut musik khas Indonesia dan bisa melihat pemandangan 360 derajat Rumah Digital Indonesia.

Di bagian bawah, terdapat tab menu untuk melihat fitur-fitur Rumah Digital Indonesia, namun, lebih menyenangkan jika pengguna mengeksplorasi sendiri lokasi virtual ini.

Baca juga: Kominfo imbau rayakan 17 Agustus secara digital

Tekan tombol arah berwarna merah yang ada di tengah layar untuk berjalan atau geser layar ke kanan, kiri, atas, dan bawah untuk melihat lokasi di sekitar.

Saat mengeksplorasi lokasi, pengguna akan menemukan enam gedung virtual, masing-masing menjadi tempat untuk berbagai kegiatan.

Keenam ruang virtual yang ada berupa Pasar Lokal, Petualangan Nusantara dan Wajah Indonesia, Ruang Komunitas, Ruang Seni dan Budaya, Ruang Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan, Arena Lomba 17-an Panggung Nasional.

Pasar Lokal

Layaknya berkunjung ke pasar betulan, pengguna bisa menemukan produk-produk dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari makanan sampai fesyen.

Di Pasar Lokal, terdapat enam kategori produk yang masuk platform ini, yakni Makanan dan Minuman, Busana Wanita, Herbal dan Spa, Busana Pria, Hobi dan Olahraga, Aksesoris, Wastra, Dekorasi Rumah dan Lainnya.

Jika ingin mengetahui produk di masing-masing daerah, pilih berbelanja berdasarkan wilayah, cukup dengan mengklik nama daerah yang ada di setiap pulau di Rumah Digital Indonesia.

Baca juga: Tips seru 17 Agustusan di rumah ala Google

Setelah mengklik kategori atau wilayah, pengguna akan melihat deretan produk yang dijual. Klik beli, maka Rumah Digital Indonesia akan mengarahkan untuk bertransaksi di lokapasar antara lain Tokopedia, Ladara, Bukalapak, Blibli.com.

Saat ini, produk yang bisa dibeli di Pasar Lokal Rumah Digital Indonesia antara lain berasal dari Sumatera Utara, Lampung, Jawa Barat, Bangka Belitung, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara dan Papua.

Jika menyegarkan (refresh) laman secara berkala, pengguna akan mendapati daerah-daerah yang ada di setiap pulau berubah agar bisa mengeksplorasi berbagai produk khas Indonesia.

Petualangan Nusantara dan Wajah Indonesia

Ruangan ini bisa menjadi obat rindu bagi pengguna yang belum bisa bepergian karena pandemi ini, berkat berbagai video wisata Wonderful Indonesia.

Ingin melihat Labuan Bajo? Kunjungi pulau virtual Nusa Tenggara Timur di rumah Petualangan Nusantara dan Wajah Indonesia, yang menampilkan video dan foto destinasi wisata Labuan Bajo.

Baca juga: Dennis Adhiswara serasa jadi gladiator di lomba gebuk bantal (video)

Kunjungi juga menu Kuliner Khas untuk melihat makanan lokal. Sementara di menu Wajah Indonesia, berisi petikan cerita dari warga setempat tentang keseharian mereka.

Rumah Digital Indonesia memberikan foto dan video kekayaan budaya dari 34 provinsi di Indonesia.

Ruang Komunitas

Di Ruang Komunitas, pengguna bisa melihat pameran foto virtual dari jurnalis foto Indonesia, bertema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Pameran foto ini bisa ditemukan di ruang Pameran Foto Istana, berisi apa yang terjadi di Indonesia selama pandemi COVID-19.

Di Cerita Kemerdekaan, pengguna bisa menemukan perayaan Hari Kemerdekaan di berbagai tempat, termasuk dari para diaspora Indonesia.

Sementara di Cerita Indonesia, terdapat berbagai video edukasi tentang kekayaan alam maupun budaya Indonesia.

Ruang Seni Budaya

Seperti namanya, tempat ini untuk melihat beragam kesenian dan kebudayaan Tanah Air, termasuk ketika dipentaskan di luar negeri. Pengguna bisa memanfaatkan video yang ada di Panggung Tari untuk belajar tarian daerah.

Selain Panggung Tari, Ruang Seni Budaya juga berisi Ruang Musik, Dinding Puisi, dan Pentas Nusantara.

Baca juga: Aming, antara lomba agustusan dan Cerdas Cermat

Ruang Literasi Digital

Ruang ini berisi konten-konten dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk literasi digital, antara lain berasal dari Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Ruang Literasi Digital dibagi menjadi empat bagian, sesuai dengan modul Kementerian Kominfo untuk literasi digital, yaitu Kecakapan Digital, Budaya Digital, Etika Digital dan Keamanan Digital.

Setiap subruang berisi video singkat tips tentang bermedia sosial yang sehat dan bijak.

Panggung Nasional

Ruang ini merupakan panggung virtual untuk berbagai acara yang bisa dihelat secara virtual di Rumah Digital Indonesia, seperti pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo sampai acara pentas musik.

Baca juga: Hari Kemerdekaan versi Kunto Aji

Arena Lomba 17-an

Di Rumah Digital Indonesia, Arena Lomba 17-an menjadi satu-satunya lokasi yang mengharuskan pengguna login dengan akun Google atau akun Facebook.

Setelah login dan menunggu sinkronisasi data, pengguna bisa memilih lomba virtual, yang terinspirasi dari lomba yang biasa dilakukan saat 17-an. Rumah Digital memindahkan lomba-lomba yang biasa diadakan di lapangan saat perayaan Agustusan, ke ruang virtual

Kerahkan kekuatan secepat mungkin saat mengikuti lomba tarik tambang, supaya bisa menarik lawan.

Atur waktu setepat mungkin supaya bisa meraih kerupuk yang digantung dengan tali jika ikut lomba makan kerupuk.

Perlombaan virtual ini bisa menjadi cara lain untuk mengikuti lomba 17an, pengguna akan bisa berlomba dengan pemain lain. Pengguna dengan skor yang tinggi akan masuk ke "leaderboard" atau papan peringkat lomba 17-an versi virtual Rumah Digital.

Situs Rumah Digital Indonesia bisa diakses hingga akhir Agustus ini, bagian dari rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan ke-76 RI.

Keberadaan Rumah Digital Indonesia tentu menjadi pilihan yang tepat dan aman bagi masyarakat untuk meramaikan perayaan 17 Agustus ketika semua orang menghindari kerumunan demi menekan penularan COVID-19. Sungguh bijak memindahkan kegiatan yang biasanya digelar secara fisik dan penuh hingar-bingar, kini bisa tetap dinikmati secara virtual di ruang digital.

Baca juga: Google rayakan 17 Agustus lewat Doodle panjat pinang dan tanjidor

Baca juga: Jelang 17an, game Fantasy Town berwisata virtual ke tempat bersejarah

Copyright © ANTARA 2021