Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan telah mempersiapkan peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guna menghadapi potensi bencana di puncak kemarau.

Gelar Kesiapan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Senin (16/8) di Gudang Logistik BNPB, Sentul, Jawa Barat.

"Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak musim kemarau diprediksi akan terjadi pada bulan Agustus ini. Dampaknya, bencana hidrometeorologi kering seperti kebakaran hutan dan lahan akan mengalami kenaikan angka kejadian," ujar Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Abdul mengatakan peralatan tersebut juga dipersiapkan untuk menghadapi awal musim hujan 2021.

Baca juga: BNPB: Rancangan SNI telah memasuki tahap kedelapan

Terdapat lima perangkat TIK yang dipersiapkan antara lain Mobil Komunikasi Satelit (Komob), Fly Away, ACU 1000, Radio Codan, dan eLTE Rapid System. Fungsi dari teknologi tersebut antara lain untuk menyediakan koneksi internet, radio komunikasi, dan interkoneksi perangkat komunikasi.

Beberapa teknologi tersebut sudah tersebar ke daerah, salah satunya Mobil Komunikasi Satelit. Mobil tersebut sudah tersedia di seluruh 34 BPBD tingkat provinsi di Indonesia.

Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan melatih kesiapan sumber daya manusia atau personel yang akan bertugas mengoperasikan peralatan TIK tersebut dalam misi penanggulangan bencana.

"Komunikasi menjadi hal krusial pada saat situasi tanggap darurat. Teknologi komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam penyampaian informasi bencana, dimana jaringan komunikasi sering kali terputus. Dibutuhkan teknologi yang memadai, cepat, dan tepat serta pelibatan berbagai pihak terkait," ujar Abdul

Teknologi informasi dan komunikasi ini diharapkan dapat digunakan dan diimplementasikan untuk mempercepat penanganan tanggap darurat bencana. Salah satunya untuk mengirimkan data dan situasi riil di lapangan.

Baca juga: Gerakan Mobil Masker jangkau daerah penyangga
Baca juga: Menko Perekonomian tinjau PPKM di Desa Negara Ratu Lampung
Baca juga: Aplikasi InaRisk Personal BNPB perluas inklusivitas info bencana

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021