Jakarta (ANTARA) - TNI AL kembali mengerahkan KRI Semarang-594 untuk membawa kebutuhan oksigen medis yang disalurkan kepada sejumlah rumah sakit di Dumai, Provinsi Riau.

Panglima Koarmada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Arsyad Abdullah dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat, mengatakan TNI AL akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu daerah-daerah yang kekurangan suplai oksigen.

"Ini sesuai instruksi Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono untuk mendukung pemerintah dalam upaya penanganan COVID-19 dengan mengerahkan potensi yang dimiliki TNI AL baik menggunakan alutsista ataupun melalui pangkalan TNI AL utamanya di wilayah kerja Koarmada I," jelas Arsyad.

Arsyad menjelaskan kehadiran KRI Semarang-594 di Dumai-Riau sebelumnya telah melalui permohonan resmi dari Gubernur Provinsi Riau kepada Panglima TNI yang ditindaklanjuti Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Baca juga: TNI AL operasikan rumah oksigen di Surabaya

"Ini juga mendukung ketersediaan pasokan oksigen untuk keperluan medis di Belitung" ujarnya.

KRI Semarang-594 merupakan kapal perang berjenis Landing Platform Dock LPD kelas BRS (Bantuan Rumah Sakit) buatan anak bangsa yaitu PT. PAL Indonesia Surabaya. Kapal itu masuk kedalam unsur jajaran Koarmada I dan difungsikan sebagai kapal rumah sakit yang dilengkapi dengan generator oksigen yang mampu memproduksi oksigen secara mandiri sebanyak 75 ribu liter oksigen dalam waktu 24 jam.

"Dengan hadirnya KRI Semarang-594 dalam mendukung ketersediaan kebutuhan dan stok oksigen medis, diharapkan dapat membantu dalam penanganan dan perawatan pasien yang terpapar COVID-19 di wilayah Riau (Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Meranti)," kata Arsyad.

Baca juga: TNI AL gelar vaksinasi dosis kedua bagi masyarakat Pulau Soop Sorong

Selain itu, melalui pangkalan di jajaran Koarmada I, TNI AL juga menggelar kegiatan yang dilaksanakan bertepatan dengan kedatangan KRI Semarang-594 yakni serbuan vaksinasi terhadap masyarakat maritim. TNI AL bekerjasama dengan TNI-Polri di Wilayah Provinsi Riau, KKP, Dinas Kesehatan dan Pemerintah Daerah setempat dalam dua hari pelaksanaan vaksinasi mentargetkan 1000 orang dapat menerima vaksin.

Selain itu juga dilaksanakan bhakti sosial donor darah yang bekerjasama dengan PMI dan Pembagian sembako kepada masyarakat guna meringankan beban pada masa pandemi.

KRI Semarang-594 sendiri telah memulai kegiatan pengisian tabung oksigen mulai Senin (16/8) dan telah berhasil mengisi 51 tabung kapasitas 6000 m3 yang disalurkan pemerintah daerah.

Baca juga: Ratusan prajurit TNI AL di Surabaya donorkan plasma konvalesen

Pewarta: Fauzi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021