Jakarta (ANTARA News) - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI berencana membangun gedung Perpustakaan untuk Umum di Jl Medan Merdeka Selatan Jakarta untuk pelayanan umum yang ideal mulai 2012-2014 guna mewujudkan gedung perpustakaan yang lengkap, ideal, moderen di ibukota Indonesia.

Kepala Perpusnas Hj Sri Sularsih mengatakan hal itu di Jakarta, Senin sore, sambil menjelaskan rencana pengumuman pemenang lomba menulis, melukis dan lomba disain gedung Perpusnas RI pada Desember 2010.

Menurut Sri Sularsih,  rencana pembangunan gedung itu masih menunggu pengkajian secara mendalam dan persetujuan dari DPR, Bappenas dan Depkeu yang diharapkan anggaran mencapai Rp700 miliar untuk tiga tahunan anggaran 2012, 2013 dan 2014.

"Gedung perpustakaan di Merdeka Selatan nantinya akan berlantai 24 yang dilengkapi koleksi buku yang lengkap mulai untuk bacaan ana-anak, dewasa dan umum. Serta dilengkapi treknologi informasi yang memadai, auditorium, kafe, toko buku "online", ruang untuk kegaitan ilmiah," katanya.

Kepala Perpusnas mengharapkan, Indonesia nantinya akan memiliki gedung perpustakaan yang ideal untuk umum itu bisa setara dengan gedung yang sama yang dimiliki negara yang maju, seperti Singapura. Sementara gedung perpustakaan di Jl Salemba Raya Jakarta tetapi sebagai kantor Perpusnas dan sebagai pusat penyimpanan karya cetak dan karya rekam.

Dengan demikian, katanya, fungsi Perpusnas sebagai sarana riset, pendidikan, mencari informasi, memperluas wawasan pengetahuan, meningkatkan gemar membaca masyarakat, sebagi rekreasi akan terwujud guna mendukung peningkatan kecerdasan kehidupan bangsa Indonesia.

Sebelumnya Perpusnas yang memiliki koleksi yang mencapai sekitar dua jua juta judul buku akan dapat di-link atau terhubung dengan perpustakan umum di Indonesia mulai provinsi, kabupaten/kota hingga perpustakaan desa/kelurahan dan masyarakat Indonesia dapat mengakses buku tersebut melalui laman www.pnri.go.id.

Sementara itu Perpusnas mengadakan sayembara karya tulis, sayembara menggambar gedung Perpusnas RI, sayembara membuat patung dan sayembara konsep desain gedung Perpusnas RI, mulai 1-30 November 2010.

Ketua panitia penyelenggara Mascheijah mengatakan, nominasi pemenang untuk empat kategori itu akan dipamerkan di gedung TIM Cikini  Jakarta pada 1-5 DSesember 2010, dan pemenangnya akan diumumkan pada penutupan pameran 5 Desember 2010.

Jumlah peserta lomba hingga kini mencapai 400 orang dan penjurian untuk nominasi akan dilakukan 25-30 November 2010 sedang persyaratan lomba untuk karya tulis adalah para mahasiswa dan dosen; kategori menggambar yaitu siswa SMA dan guru SMA; kategori membuat patung dan kategori konsep desain yaitu para profesional dan masyarakat umum.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010