Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang Banten melalui Dinas Kesehatan menerima sebanyak 163.800 dosis vaksin COVID-19 jenis Pfizer dari Kementrian Kesehatan untuk diberikan kepada masyarakat umum.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Dini Anggraeni dalam keterangannya, Selasa, mengatakan masyarakat yang bisa menggunakan vaksin jenis Pfizer yakni berada di atas 18 tahun dan belum melaksanakan vaksinasi dari dosis pertama.

"Jadi, vaksin Pfizer ini untuk warga yang belum pernah divaksinasi. Jika ada warga yang sudah divaksinasu dosis pertama pakai Sinovac, maka yang kedua tak bisa pakai Pfizer. Karena harus sama jenisnya antara yang pertama dan kedua," kata dia.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan penggunaan vaksin jenis Pfizer ini mulai dilaksanakan hari ini dan diharapkan warga dapat mendaftar untuk mendapatkan jadwal.

Baca juga: DKI buka vaksinasi Pfizer di 16 fasilitas kesehatan

Baca juga: Kabupaten Tangerang terima pasokan 180 ribu dosis vaksin Pfizer


"Mulai hari ini vaksinasi akan dilakukan dengan menggunakan vaksin dengan jenis Pfizer, yang efikasinya mencapai 95 persen setelah dosis kedua," katanya,

Wali Kota Arief menambahkan Pemkot akan terus mengupayakan perbaikan situasi Covid-19 di Kota Tangerang melalui percepatan pembentukan herd Immunity dengan semakin menggencarkan vaksinasi kepada masyarakat.

Lebih lanjut Wali Kota mengimbau agar masyarakat mau untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 demi percepatan terbentuknya kekebalan komunitas di Kota Tangerang serta tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan. "Apapun jenisnya, semua vaksin sudah dinyatakan aman dan efektif," katanya.

Hingga tanggal 23 Agustus 2021 Dinas Kesehatan telah melakukan vaksinasi kepada 1.205.265 orang dengan rincian untuk dosis pertama atau suntikan pertama ada 747.755 orang, dua kali suntikan atau dosis kedua sebanyak 450.759 orang dan dosis ketiga khusus tenaga kesehatan ada 6.751 orang.*

Baca juga: Puskesmas Cilandak layani penyuntikan vaksin Pfizer untuk umum

Baca juga: Kemenkes: Distribusi vaksin Pfizer diprioritaskan untuk Jabodetabek

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021