Kami perlu tambahan vaksin untuk menggesa agar segera terselesaikan target 100 persen
Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad dan jajaran TNI, Polri, serta kejaksaan setempat menemui Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin untuk meminta tambahan 108.070 multi dose vial (mdv) vaksin COVID-19.

Jumlah permintaan itu terdiri dari vaksin Sinovac 56.842 mdv dan vaksin AstraZeneca 51.228 mdv.

Sedangkan stok vaksin yang dimiliki Kepri saat ini sebanyak 33.713 mdv, dengan rincian Sinovac 12.385 mdv, AstraZeneca 13.343 vial, dan Moderna 7.985 mdv.

Gubernur Ansar di hadapan Menkes Budi Sadikin memaparkan bahwa proses vaksinasi di daerah itu sudah mencapai 72,21 persen dari total target 1,4 juta penduduk.

"Kami perlu tambahan vaksin untuk menggesa agar segera terselesaikan target 100 persen, sehingga terbentuk herd immunity," kata Ansar, di Kantor Kemenkes, Jakarta, Selasa.

Dia menyampaikan tambahan dosis vaksin yang diminta ini, juga berkaitan dengan rencana Pemprov Kepri dalam waktu dekat akan menggelar vaksinasi massal kepada 15.000 masyarakat di seluruh Kepri.

"Untuk menekan penyebaran COVID-19 di Kepri, semua cara kami lakukan. Alhamdulillah ada hasilnya, BOR rumah sakit sekarang sudah rendah, dan kami juga memberi insentif kepada para korban COVID-19," ujarnya lagi.

Menkes Budi Gunadi Sadikin memuji langkah Gubernur Kepri yang berhasil membangun sinergi bersama kepala forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD) dan mampu menekan penyebaran COVID-19, dibuktikan dengan BOR di sejumlah rumah sakit menurun.

Menkes Budi Gunadi juga mengapresiasi Pemprov Kepri dalam memulihkan perekonomian dengan cara menggandeng bank swasta untuk membantu UMKM terdampak COVID-19.

"Kami minta Pemprov Kepri tetap fokus kerja, serius dan kontinu dalam menangani COVID-19 berikut dampak sosial dan ekonomi," ujar Menkes Budi.

Menkes pun berkomitmen menindaklanjuti permintaan tambahan vaksin yang disampaikan Gubernur Ansar dan kepala FKPD itu.

"Kami di pusat terus mengupayakan pemenuhan stok vaksin untuk pemerintah daerah, termasuk Kepri sebagai salah satu daerah prioritas program vaksinasi COVID-19," ujar Budi Gunadi.
Baca juga: Kepri siapkan 5.000 vial vaksin Moderna untuk masyarakat umum
Baca juga: Provinsi Kepri dapat tambahan stok vaksin 10.260 vial dari Kemenkes

 

Pewarta: Ogen
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021