Medan (ANTARA) - Asian Agri bersama Tanoto Foundation menyumbang 40 unit konsentrator oksigen untuk rumah sakit di Sumatera Utara guna membantu penanganan pasien COVID-19 di daerah itu.

Bantuan/sumbangan konsentrator oksigen untuk rumah sakit tersebut diserahkan secara simbolis kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di rumah dinas gubernur di Medan, Jumat.

Donasi itu merupakan rangkaian dari program Oksigen Untuk Indonesia dari Tanoto Foundation yang sebelumnya telah menyerahkan 3.000 unit konsentrator oksigen kepada Kementerian Kesehatan RI.

Head Social Capital Asian Agri, David Alamsjah mengatakan bantuan konsentrator oksigen itu merupakan salah satu bentuk dukungan perusahaan kepada pemerintah dalam menanggulangi COVID-19.

Baca juga: Pemrov Riau terima 145 konsentrator oksigen dari Tanoto Foundation

Baca juga: Tanoto Foundation kembali bantu 100 oksigen konsentrator ke Sumbar


"Kami berharap bantuan konsentrator oksigen itu dapat mengatasi kekurangan pasokan oksigen, sehingga bisa membantu menyelamatkan nyawa para pasien yang sedang berjuang melawan COVID-19,” ujar David.

CEO Global Tanoto Foundation, Dr J Satrijo Tanudjojo mengatakan bantuan itu merupakan komitmen Tanoto Foundation dalam mendukung pemerintah Indonesia selama pandemi COVID-19.

"Ketika kasus COVID-19 naik pada awal Juli, pimpinan Tanoto Foundation segera menghubungi pemerintah lewat Kementerian Kesehatan untuk mencari tahu bantuan apa yang sedang dibutuhkan," katanya.

Perusahaan pun, katanya, bersyukur karena setelah program Oksigen Untuk Indonesia diluncurkan, Kementerian Kesehatan melaporkan bahwa pemenuhan oksigen di rumah sakit di Indonesia, khususnya Jawa-Bali telah membaik.

Tanoto Foundation akan terus mendukung pemerintah dan melakukan upaya terbaik untuk membantu penanganan pandemi COVID-19.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengapresiasi langkah Tanoto Foundation dan Asian Agri yang menyumbang konsentrator oksigen untuk rumah sakit di Sumut.

Baca juga: TNI AU kirim bantuan alat kesehatan seberat 1.384 ton ke Sumatera

“Saya mewakili warga Sumut mengucapkan terima kasih atas bantuan Tanoto dan Asian Agri. Bantuan itu sangat membantu dalam penanganan pasien COVID-19 di Sumut," katanya.

Dia menegaskan bantuan itu sangat tepat, untuk membantu warga yang saat ini sedang membutuhkan. Walaupun kebutuhan oksigen di Sumut saat ini mencukupi.

"Bantuan Asian Agri danTanoto akan segera disalurkan, khususnya ke rumah sakit yang membutuhkan," ujar gubernur yang didampingi Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Aris Yudhariansyah.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021