Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di pelabuhan di DKI Jakarta cerah berawan pada Minggu pukul 07.00 hingga 19.00 WIB.

Dikutip dari laman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta pukul 07.51 WIB, cuaca Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, diperkirakan cerah berawan dengan kecepatan angin berhembus dari timur ke tenggara antara 3-10 knot.

Selain itu, gelombang air laut antara 0 sampai 0,5 meter dan ketinggian air laut saat pasang maksimum 0,8 meter pada pukul 18.00 WIB.

BMKG memprakirakan suhu udara di Pelabuhan Tanjung Priok berkisar 27-33 derajat Celsius dan kelembaban udara 55-75 persen dengan jarak pandang (visibilitas) hingga 10 kilometer.

Demikian pula cuaca, ketinggian gelombang dan visibilitas yang berpotensi terjadi di Pelabuhan Marunda (Cilincing) serta Pelabuhan Kalibaru, Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Muara Baru, Pelabuhan Kaliadem Muara Angke dan Pelabuhan Sunda Kelapa (Penjaringan).

Sedangkan, kecepatan angin yang berhembus di lima pelabuhan tersebut antara 4-10 knot.

Baca juga: Kawasan pelabuhan di Ibu Kota berawan
Baca juga: Rabu, cuaca cerah berawan di pelabuhan Jakarta


BMKG memprakirakan bahwa umumnya angin bertiup dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan angin 6 sampai 20 knot di Laut Jawa bagian Barat, Perairan Kepulauan Seribu serta Perairan Utara Banten hingga Jawa Barat.

Namun, gelombang air berpeluang mencapai ketinggian 1,25-2,5 meter di Laut Jawa bagian Barat yang berpotensi mengalami hujan ringan.

BMKG memperkirakan potensi hujan disertai kilat/petir di daratan Jakarta, khususnya Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore hingga menjelang malam hari serta hujan ringan di daratan Kepulauan Seribu pada pagi hari.

Menurut perkiraan BMKG, Jakarta Barat dan Jakarta Pusat juga berpotensi hujan ringan pada siang dan malam hari.

Adapun suhu udara di daratan DKI Jakarta berkisar antara 25 sampai 33 derajat Celsius, kecuali di Jakarta Selatan (24-34 derajat Celcius), Jakarta Timur (25-34 derajat Celsius) dan Kepulauan Seribu (27-31 derajat Celsius) dengan Kelembaban udara berkisar 55-90 persen.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021