Kapal perintis PT Pelni kembali beroperasi di Maluku

id PT Pelni Cabang Ambon,kapal perintis,Pelni

Kapal perintis PT Pelni kembali beroperasi di Maluku

Kapal perintis yang dikelola oleh PT Pelni. ANTARA/John Soplanit.

Ambon (ANTARA) - Sebanyak lima kapal perintis yang sebelumnya sempat berhenti beroperasi karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kini kembali melayani wilayah perairan Maluku.

"Lima kapal perintis yang dikelola PT Pelni sudah kembali dioperasikan untuk melayani wilayah Maluku," kata Manajer Operasi PT Pelni Cabang Ambon Muhammad Assagaff di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan ada tujuh kapal perintis PT Pelni yang melayari di wilayah perairan Maluku, tapi hanya lima yang siap beroperasi, yakni KM Sabuk Nusantara107, KM Sabuk Nusantara 105, KM Sabuk Nusantara 172, KM Sabuk Nusantara 71 dan KM Sabuk Nusantara 87.

Sementara dua kapal lainnya, KM Sabuk Nusantara 103 dan KM Sabuk Nusantara 104 sedang disiapkan untuk docking atau perawatan rutin.

Menurut Muhammad, kapal perintis kembali beroperasi karena banyaknya permintaan dari daerah untuk pengoperasian kembali kapal perintis dan urgensi guna kelancaran mobilitas penumpang dan barang di wilayah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (T3P).

Selain itu juga, surat Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor AL.016/4/7/DA-2021 perihal Pengoperasian Kembali Kapal Perintis terkait Pemberlakuan PPKM, dan Data monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan "Port Stay" Kapal Perintis.

Karena permintaan masyarakat, KM Sabuk Nusantara 71 dan KM Sabuk Nusantara 87 telah dioperasikan sepekan lebih awal sebelum terbitnya Surat dari Dirjen Perhubungan Laut.

"Daerah-daerah yang dilayani oleh kapal perintis membutuhkan layanan untuk mendukung distribusi logistik," ucap dia.

Dikatakanya lagi, untuk distribusi logistik masyarakat, tiga kapal perintis akan diberangkatkan bersamaan pada 2 September 2021 dari pelabuhan Ambon menuju beberapa pulau sekaligus.

KM Sabuk Nusantara 71 dijadwalkan berangkat sekitar pukul 20.00 WIT menuju pelabuhan Amahai, Serua, Nila, Teon, Wulur, Romang, Kisar, Leti, Moa, Lakor, Luang, Lelang, Dawera, Kroing, Marsela, Saumlaki, Tual, Teon, Nila, Serua dan kembali lagi Ambon.

KM Sabuk Nusantara 72 berangkat pukul 08.00 WIT dengan menuju Ambalau, Namrole, Leksula, Tifu, Leksla, Namrole, Ambalau dan kembali lagi Ambon.

Sedangkan KM Sabuk Nusantara 87 berlayar dari Ambon ke Bebar, Wulur, Tepa, Lelang, Luang, Lakor, Moa, Leti, Kisar, Arwala, Ilwaki, Amau, Lirang dan Kupang, pada pukul 17.00 WIT.

"Masyarakat silahkan mengecek tiket sesuai dengan pelabuhan tujuan di loket penjualan PT Pelni Cabang Ambon," kata Muhammad Assagaff.

Baca juga: ASDP mulai operasikan 2 kapal perintis di Danau Matano dan Towuti
Baca juga: DPRD Parimo: Pemkab harus manfaatkan tol laut untuk genjot ekonomi
Baca juga: Pelni imbau pelanggan terdaftar di aplikasi PeduliLindungi

 

Pewarta : Shariva Alaidrus
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar