... harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Jangan kita menertibkan masyarakat tapi tidak melaksanakannya...
Sulut, Sangihe (ANTARA) - Komandan Kodim 1301/Sangihe, Letnan Kolonel Arm Lukas M Sormin, meminta semua anggota Koramil di lingkungannya agar menjadi contoh bagi masyarakat dalam mematuhi menerapkan protokol kesehatan.

"Kita harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Jangan kita menertibkan masyarakat tapi tidak melaksanakannya," kata dia, di Tahuna, Sulawesi Utara, Kamis.

Baca juga: 298 personil Kodim 1301/Sangihe sudah divaksin COVID-19 tahap satu

Ia katakan itu saat datang ke di Koramil Tabukan Tengah bersama Ketua Persit KCK Kodim 1301/Sangihe, Ny Fenny Lukas M Sormin. Menurut Sormin, sebelum menertibkan masyarakat, anggota Koramil harus sudah lebih dahulu menerapkan protokol kesehatan.

"Berikan contoh yang baik kepada masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, baik dalam melaksanakan tugas maupun di kehidupan sehari-hari," katanya.

Sebagai aparat komando kewilayahan, kata dia, anggota Koramil harus bisa memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, baik itu dalam penerapan Protokol kesehatan di tengah lingkungan masyarakat maupun di lingkungan kerja dan tempat tinggal.

Baca juga: Kodim 0504/Jaksel lakukan vaksinasi bagi 457 personel TNI

"Jangan sampai terjadi. Kita yang menertibkan masyarakat, tapi kita juga yang melakukan pelanggar," kata dia.

Saat ini kegiatan di wilayah memang sangat padat, terutama di tengah situasi pandemi sehingga membutuhkan kondisi fisik yang prima. "Cari kesempatan untuk berolah raga agar tubuh tetap sehat dan imun tetap terjaga sehingga terhindar dari penularan virus tersebut," kata dia.

Ia juga mengingatkan anggotanya agar bijaksana dalam menggunakan media sosial, sebab bila salah mengakses maupun berbagai informasi dapat merugikan diri sendiri dan keluarga serta satuan. "Harus hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan media sosial, jangan sampai terpengaruh berita hoax menyebarkan berita yang tidak jelas," kata dia.

Baca juga: Anggota DPR sarankan perkuat Kodim-Koramil di Papua

Selaku anggota Kodim di wilayah, kata dia, hendaknya dapat menjalin kerja sama yang baik dengan seluruh komponen masyarakat, tingkatkan sinergitas dalam berbagai kegiatan serta menjaga kekompakan dalam lingkungan kerja.

"Bekerjalah dengan penuh rasa tanggung jawab dan profesional serta selalu menjaga kekompakan sambil tetap memperhatikan faktor keamanan dalam bertugas," kata dia.

Baca juga: 36 anggota TNI positif COVID-19 di Manokwari dalam kondisi baik

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021