Jakarta (ANTARA) - Gunawan Trismuwantara bakal membuka rangkaian pertandingan tim Indonesia pada babak pertama Grup II Dunia Davis Cup 2021 berhadapan dengan petenis andalan Barbados Darian King di National Tennis Centre, St. Michael, Jumat pukul 11.00 waktu setempat atau malam WIB.

Bagi Gunawan yang masih berusia 18 tahun, ini merupakan laga keduanya membela Indonesia dalam ajang Davis Cup. Debutnya terjadi pada Maret lalu saat Indonesia menjamu Kenya di Stadion Tenis Gelora Bung Karno, Jakarta, pada babak play-off Grup II. Saat itu, Gunawan meraih kemenangan atas Kevin Cheruiyot dengan skor 6-4, 6-2.

Di sisi lain, sang lawan Darian King dari berbagai aspek lebih diunggulkan dari pada Gunawan. Dia adalah petenis andalan Barbados yang memiliki peringkat tertinggi di antara yang lainnya dengan berada di urutan 351 untuk tunggal dan 292 pada sektor ganda.

Darian King juga pernah menempati peringkat 106 dunia, yang sekaligus menjadi prestasi tertinggi sepanjang karier tenis profesionalnya pada 2017.

Petenis 29 tahun itu sudah menjadi andalan Barbados sejak 2009. Secara keseluruhan untuk nomor tunggal, Darian King mengantongi 29 kemenangan dan 11 kekalahan. Status tuan rumah juga bakal membuatnya lebih percaya diri.

Baca juga: Barbados punya petenis berpengalaman hadapi Indonesia pada Davis Cup 

Meski demikian, Febi Widhiyanto yang menjadi kapten tim Indonesia menegaskan Gunawan siap bertanding.

"Semua petenis sudah siap tanding, baik Gugun maupun Justin Barki sangat bersemangat untuk memberi yang terbaik bagi tim Merah Putih," kata Febi dalam keterangan resmi PP Pelti, Jumat.

Selain Gunawan, hari pertama Davis Cup juga akan menampilkan pertandingan antara Justin Barki melawan Kaipo Marshall.

"Target kami bisa memetik hasil imbang di hari pertama," ujar Febi.

Secara keseluruhan, akan ada lima pertandingan pada babak pertama Davis Cup 2021. Dua laga tunggal bergulir pada hari pertama, dan hari berikutnya akan menyajikan satu laga ganda dan dua laga tunggal tambahan.

Indonesia pun dijadwalkan akan menurunkan Justin Barki dan Febi Widhiyanto pada nomor ganda. Mereka bakal berhadapan dengan Darian King/Haydn Lewis. 

Baca juga: Indonesia tak diuntungkan saat menghadapi Barbados di Davis Cup 2021 

Baca juga: Indonesia tanpa Ari Fahresi saat lawan Barbados di Davis Cup 2021 

Baca juga: Tim Piala Davis Indonesia turunkan petenis muda untuk hadapi Barbados 

 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021