Jakarta (ANTARA) - Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya menyampaikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal Papua dapat memaksimalkan pemanfaatan e-commerce untuk pengembangan ekonomi seiring ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

“(Semoga) seluruh komponen bisa bersinergi memaksimalkan PON menjadi ajang peningkatan ekonomi lokal khususnya Papua dan lebih khusus lagi bagi UMKM,” ujar dia secara virtual, sebagaimana tertera dalam keterangan pers, Jakarta, Sabtu.

Eddy memaparkan meski pandemi COVID-19 melanda, literasi dan pemanfaatan digital menunjang perbaikan ekonomi, khususnya penggunaan e-commerce yang melonjak tinggi.

Berbagai sektor komunikasi dan informasi dalam skala yang cukup besar dinilai harus dimanfaatkan terus-menerus, terutama untuk UMKM.

Dalam webinar mengenai Digitalisasi UMKM Indonesia Timur Episode Kota Jayapura yang bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Grab Indonesia, dia mengatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan tiga agenda besar program fokus prioritas Kemenkop-UKM, yaitu, transformasi informal ke formal,  transformasi memanfaatkan digitalisasi dan inovasi dengan membawa UMKM masuk ke dalam rantai pasok lokal, nasional, dan global, serta bagaimana menciptakan koperasi menjadi modern.

Baca juga: Menkop harap Smesco Papua Event dorong digitalisasi UMKM Papua

Lebih lanjut ia mengatakan penyelenggaraan PON XX menjadi perhatian bagi para olahragawan, berbagai asosiasi dan pelaku ekonomi khususnya di Papua. Karena itu, diharapkan bersama Grab dapat membangkitkan ekonomi dengan mendorong aspek digitalisasi.

Sementara itu Director of East Indonesia Grab Indonesia Halim Wijaya menerangkan Indonesia Timur khususnya Jayapura, tengah menjadi sorotan dari potensi budaya, alam, maupun potensi ekonomi. Apalagi setelah ditunjuk sebagai tuan rumah PON Indonesia.

Hal ini dianggap menjadi momen penting bagi UMKM lokal guna menjangkau pasar yang lebih luas melalui pemanfaatan teknologi.

“Grab juga memastikan untuk terus hadir untuk membantu pelaku usaha agar siap menangkap peluang yang datang salah satunya melalui peningkatan keterampilan UMKM di Jayapura,” ujarnya. 

Baca juga: Kemenkop dukung pemberdayaan UMKM Papua untuk ajang PON

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021