Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Kota Banjarmasin di Provinsi Kalimantan Selatan memutuskan untuk melanjutkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) meski pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 di wilayahnya diperpanjang dua pekan oleh pemerintah pusat.

"Kami arahkan Kadisdik untuk tetap bisa melaksanakan PTM," kata Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina usai rapat mengenai perpanjangan PPKM Level 4 hingga 4 Oktober 2021 di Balai Kota Banjarmasin, Selasa.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebelumnya menyatakan bahwa pembelajaran tatap muka boleh dilaksanakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan di sekolah-sekolah yang berada di wilayah PPKM Level 1 sampai 3.

Namun Wali Kota Banjarmasin mengatakan bahwa dalam pelaksanaan PPKM Level 4 kali ini pemerintah kota akan melakukan pelonggaran, termasuk di antaranya dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran.

Pemerintah Kota Banjarmasin mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah pada 20 September 2021, setelah delapan pekan kegiatan belajar mengajar di sekolah dihentikan karena wilayah Banjarmasin masuk area PPKM Level 4 dari 26 Juli sampai 20 September 2021.

Namun pemerintah pusat kemudian memasukkan Kota Banjarmasin dalam daftar daerah yang melaksanakan PPKM Level 4 dari 21 September hingga 4 Oktober 2021.

Wali Kota Banjarmasin mengatakan bahwa pemerintah kota melakukan pelonggaran pada masa PPKM Level 4 dari 21 September hingga 4 Oktober.

Dia menyebut PPKM Level 4 kali ini dibuat serasa PPKM Level 3 karena penularan COVID-19 sudah mereda. 

"Tapi dengan pengetatan protokol kesehatan seperti PPKM Level 4 di lapangan," katanya.

Ia mengatakan bahwa Banjarmasin masih berada di wilayah PPKM Level 4 karena meski penularan virus coronanya sudah menurun cakupan vaksinasinya belum sampai 50 persen.

"Vaksinasi COVID-19 di Kota Banjarmasin baru mencapai 43 persen (cakupannya), mungkin ini yang membuat daerah kita masih dinyatakan masih PPKM Level 4," katanya.

Oleh karena itu, ia mengatakan, pemerintah kota akan menggencarkan pelayanan vaksinasi COVID-19 dan menjalankan upaya pengendalian COVID-19 yang lain.

"Masyarakat juga kita minta jangan sampai lengah disiplin protokol kesehatan, semoga dalam dua pekan PPKM Level 4 ini kita makin bisa menekan kasus penyebaran COVID-19," katanya.

Baca juga:
Nadiem minta sekolah di wilayah PPKM Level 1-3 tidak ragu gelar PTM
Satuan pendidikan wajib laksanakan PTM bila 100 persen pendidik sudah divaksinasi

Pewarta: Sukarli
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021