mangrove tidak hanya untuk menjaga ekosistem pantai tetapi juga mampu merangsang perkembangbiakan biota laut,
Koba, Babel, (ANTARA) - Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Baturusa Cerucuk, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melaksanakan program rehabilitasi mangrove secara intensif, untuk menjaga ekosistem pantai dan merangsang perkembangbiakan biota laut.

"Program ini kita laksanakan secara intensif hingga 2024 dengan melibatkan komponen masyarakat," kata Kepala BPDAS Baturusa Cerucuk, Tekstianto usai melakukan penanaman bibit mangrove bersama masyarakat di Desa Kurau, Kabupaten Bangka Tengah, Kamis.

Ia menjelaskan, program rehabilitasi mangrove saat ini dilaksanakan dengan pola padat karya yaitu melibat berbagai elemen masyarakat.

"Dengan melibatkan masyarakat dalam program ini, setidaknya mampu menggerakkan roda perekonomian di tengah pandemi COVID-19 saar  ini," ujarnya.

Ia juga menyebutkan bahwa antusiasme masyarakat Bangka Tengah dalam menjaga dan menanam bibit mangrove sangat tinggi.

"Bahkan di Desa Kurau ini ada kelompok masyarakat yang melakukan pembudidayaan bibit mangrove, mereka sudah bisa memproduksi bibit sendiri dan punya inisiatif menanamnya," katanya.

Ia mengatakan bahwa hutan mangrove sangat penting untuk menjadi pelindung pantai dari abrasi.

"Selain itu, mangrove tidak hanya untuk menjaga ekosistem pantai tetapi juga mampu merangsang perkembangbiakan biota laut," ujarnya.

Pihaknya mengaku sudah melihat banyak contoh, dimana hasil tangkapan nelayan lebih banyak di daerah yang kondisi mangrovenya lebih bagus.

"Mangrove ini menjadi rumah bagi biota laut, disamping juga sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat pesisir," demikian Tekstianto.

Baca juga: Lewat Program Padat Karya, Babel tanam mangrove seluas 50 hektare

Baca juga: Babel aktifkan UPTD KPHP tanam mangrove 2.240 hektare

Baca juga: Menteri LHK apresiasi Babel tanami mangrove di bekas tambang

Pewarta: Ahmadi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021