Kita sedang menonton calon-calon pembuat film masa depan. Ini karya-karya luar biasa,
Jakarta (ANTARA) - SMAN 48 Jakarta meraih pemenang pertama dalam Lomba Film Pendek Pelajar SMA/SMK/MA atau Forty Eight Short Movie Competition (FESMOC) 2021, dengan karya yang berjudul "Ondel Oh Ndel".

"Kita sedang menonton calon-calon pembuat film masa depan. Ini karya-karya luar biasa, walaupun sepintas saya lihat ada film dokumenter, ada horor juga ada cerita-cerita yang sifatnya komedi, jadi cukup lengkap pilihannya. Saya sangat terkesan dengan prestasi ini ," kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Hilmar Farid dalam acara Pengumuman Pemenang dan Apresiasi FESMOC 2021 yang diikuti secara virtual di Jakarta, Minggu. Sedangkan juara 2 FESMOC 2021 diraih oleh SMA Islam Nurul Fikri Lembang di Bandung, Jawa Barat, dengan judul karya "Roti Buaya" dan  juara 3 dimenangkan oleh SMKN 3 Wonosari. Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan karyanya berupa film dokumenter tentang sanggar.

FESMOC adalah kompetisi film pendek antarpelajar SMA/SMK/MA dan sederajat berskala nasional, dengan mengambil tema "Budaya Lokal Tempat Kita Tinggal".

FESMOC 2021 digagas dan diadakan oleh SMAN 48 Jakarta dengan didukung oleh Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbudristek.

Hilmar mengatakan kegiatan kompetisi film semacam itu merupakan wujud konkret dari Program Merdeka Belajar, dan Kemdikbudristek mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Buat kita Merdeka Belajar ini tidak usah terlalu banyak pidato, langsung saja aksi-aksi kegiatan-kegiatan seperti ini. Inilah wujud konkretnya dari Merdeka Belajar kita," katanya.

Selain mendapat piala, juara 1 mendapat uang tunai sebesar Rp10 juta, juara 2 mendapat uang Rp7 juta, dan juara 3 memperoleh uang Rp5 juta.

Selanjutnya, kategori Film Favorit dimenangkan oleh SMK 1 Pancasila Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur dengan judul karya "Dakon". Sementara, kategori Film dengan Special Jury Mention diraih oleh SMAN 1 Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung dengan judul karya "Cara Baru".

Baca juga: Kemendikbud rilis finalis film pelajar

Baca juga: Pelajar SMK-Wikrama Bogor wakili Indonesia di Festival Film Jepang

Baca juga: Kemenparekraf apresiasi Festival Film Pelajar Khatulistiwa

Baca juga: Kemendikbud sediakan beasiswa untuk pemenang film pelajar


 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021