"Akses pembelajaran sangat fleksibel bersifat self-paced learning sehingga dapat diakses secara online tanpa terbatas jarak maupun waktu,"
Depok (ANTARA) - Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) pada Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022 menawarkan 16 mata kuliah massive open online course (MOOC) bidang ilmu komputer dan sistem informasi bagi peserta pendidikan perguruan tinggi jenjang Sarjana dan Magister.

Pejabat Dekan Fasilkom UI, Dr. Petrus Mursanto dalam keterangannya, Kamis mengatakan program MOOC ini memberikan kesempatan kepada masyarakat seluas-luasnya untuk memperoleh kualitas pendidikan yang sama layaknya mahasiswa UI.

"Akses pembelajaran sangat fleksibel bersifat self-paced learning sehingga dapat diakses secara online tanpa terbatas jarak maupun waktu," katanya.

Dari 16 mata kuliah yang ditawarkan, mata kuliah Kecerdasan Artifisial dan Sains Data merupakan topik populer yang ditawarkan bersama dengan beberapa mata kuliah lainnya.

Mata kuliah Kecerdasan Artifisial dan Sains Data Dasar mengajarkan peserta untuk mengembangkan suatu sistem dengan kercerdasan yang didemonstrasikan oleh mesin, ketimbang oleh manusia. Dalam konteks ini, peserta juga diajak untuk mempelajari peran dari sains data dalam proses pengembangan sistem.

Mata kuliah MOOC diajarkan langsung oleh dosen ahli di bidangnya masing-masing. Para dosen tersebut diantaranya adalah Prof. Aniati Murni; Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko; Prof. Heru Suhartanto, Ph.D.; Betty Purwandari, Ph.D.; Dr. Indra Budi; Dr. Ade Azurat; Adila Alfa Krisnadhi, Ph.D.; Dr. Panca Hadi Putra; Dr. Eng. Laksmita Rahadianti; Bayu Anggorojati, Ph.D.; Fariz Darari, Ph.D.; Ari Wibisono, M.Kom.; Ave A. Pinem, M.Kom.; Widia Resti Fitriani, M.Kom.; dan Grafika Jati, M.Kom.

Setiap mata kuliah yang ditawarkan terdiri dari tiga maupun empat satuan kredit semester (SKS). Para peserta yang terdaftar akan mendapatkan akses materi pembelajaran secara daring yang dikelola oleh masing-masing dosen pengampu.

Selanjutnya, akan dilakukan evaluasi di akhir semester terhadap performa mereka. Peserta yang mengambil mata kuliah bersistem credit earning, nilai akan diberikan dalam bentuk transkrip nilai yang dikeluarkan secara resmi oleh UI.

Perkuliahan MOOC dilaksanakan secara daring dengan metode asinkronous, di mana dosen dapat menyiapkan materi lebih dulu, dan interaksi pembelajaran dilakukan secara fleksibel dan tidak harus dalam waktu yang sama, misalkan menggunakan forum diskusi atau belajar mandiri/penugasan peserta.

Materi perkuliahan dapat disimak melalui rekaman video dan membaca bahan perkuliahan yang dibagikan secara daring. Jika peserta memiliki pertanyaan maupun diskusi, peserta dapat menghubungi dosen yang bersangkutan melalui email atau forum diskusi pada platform pembelajaran yang disediakan oleh UI.

Mata Kuliah MOOC merupakan sarana efektif untuk berbagi ilmu sehingga pengajaran yang dilakukan di Fasilkom UI juga bisa diakses masyarakat luas di luar lingkungan fakultas.

Diharapkan dengan adanya MOOC ini, Fasilkom UI mampu menyediakan akses yang luas dan adil, serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas. Daftar lengkap mata kuliah yang ditawarkan Fasilkom UI dapat diakses melalui halaman web berikut: https://cs.ui.ac.id/mooc/.
Baca juga: UI inisiasi kuliah daring global pertama tentang "greenmetric"
Baca juga: UI-UT kerja sama pengembangan portal kuliah daring
Baca juga: Warek UI: Program MBKM dan kuliah daring perluas pendidikan tinggi

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021