Mimika (ANTARA) - Satuan Tugas Protokol Kesehatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Kabupaten Mimika membagikan ribuan masker secara gratis di seluruh arena olahraga di wilayah tersebut.

Ditemui di Mimika Sport Centre, Senin, para relawan Satgas Protokol Kesehatan sedang berkeliling arena olahraga untuk membagikan masker, berbekal pengeras suara.

"Masker gratis, silahkan," teriak Taufan selaku Koordinator Grup Skuad Satgas Protokol Kesehatan melalui pengeras suara, sembari berkeliling arena basket itu.

Menurut Taufan, program pembagian masker tersebut diinisiasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Baca juga: Sambut PON XX Papua, satgas prokes bagikan masker kepada warga Merauke

Ia menyebutkan sudah disiapkan sebanyak 2.000 masker khusus untuk dibagikan di arena basket, dan saat ini sudah terdistribusi 1.500 masker.

Tidak hanya di arena basket, kata dia, pembagian masker dilakukan di seluruh arena olahraga, termasuk panjat tebing hingga terjun payung.

"Di sini (basket) kami ada 11 orang. Sudah ada 1.500 masker yang dibagi, tinggal 500 masker buat pertandingan nanti sore," ujarnya.

Untuk jam kerja, Taufan mengaku mulai berkeliling membagikan masker mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIT.

Diakuinya, masih ditemui sejumlah penonton di venue yang belum memiliki kesadaran terhadap pencegahan COVID-19, seperti memakai masker.

Baca juga: Kapolri minta pengawasan protokol kesehatan PON XX Papua diperkuat

Untuk itulah, Teguh mengatakan tidak hanya membagikan masker, melainkan juga menyosialisasikan pentingnya pencegahan COVID-19.

"Ada mungkin mereka yang tidak tahu pakai masker, tidak cuci tangan, dan sebagainya. Namun, masyarakat terus kami ingatkan," katanya.

Selain itu, kata dia, tingkat kesadaran penonton untuk menaati protokol kesehatan sejak gelaran PON terbilang sudah mulai meningkat saat ini.

"Dari 100 persen, mungkin tingkat kesadaran saat ini 99 persen. Makanya, kami ditugaskan di setiap venue menyediakan masker gratis dan mengimbau masyarakat agar taat protokol kesehatan," pungkasnya.

PON Papua berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga yang dibagi pelaksanaannya di empat daerah, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke.

Meski baru dibuka pada 2 Oktober kemarin, ada beberapa cabang olahraga yang sudah memulai jalannya kompetisi dan perebutan medali sejak pertengahan September lalu.

Baca juga: Sesmenpora: Masyarakat akan taat prokes jika sosialisasi PON masif

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021